10 Langkah Memulai Blog dengan WordPress.org

plugin wordpress

Langkah dasar untuk memulai wordpress milik sendiri

Anda telah memutuskan untuk memulai sebuah blog menggunakan WordPress.org, namun Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hal ini menjadi umum dan bisa mengintimidasi. Namun, proses sebenarnya sangat mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah dasar berikut.

  • Dapatkan Akun Hosting

Pilih penyedia web hosting yang akan menyimpan konten blog Anda dan menampilkannya ke pengunjung. Bagi pemula, paket hosting dasar biasanya memadai. Cobalah mencari host blog yang menawarkan dua alat khusus yaitu Cpanel dan Fantastico. Dua alat ini membuatnya mudah untuk mengunggah WordPress dan mengelola blog Anda.

  • Dapatkan Sebuah Nama Domain

Luangkan waktu untuk menentukan nama domain yang ingin Anda gunakan untuk blog, dan misal membelinya dari host blog atau registrar domain lain pilihan Anda.

  • Mengunggah WordPress ke Akun Hosting Anda dan Kaitkan dengan Nama Domain.

Setelah akun hosting Anda aktif, Anda dapat mengunggah WordPress ke akun Anda dan mengaitkannya dengan nama domain Anda. Jika host Anda menawarkan alat seperti Fantastico, Anda dapat mengunggah WordPress langsung dari akun hosting Anda dengan beberapa klik mouse yang sederhana dan mengaitkannya dengan nama domain yang sesuai dengan beberapa klik lagi. Setiap host memiliki langkah yang berbeda untuk mengunggah WordPress dan mengaitkannya dengan domain yang tepat di akun Anda. Jadi, periksalah pedoman, tutorial, dan alat bantu host Anda untuk petunjuk pemasangan tertentu. Jika host Anda menawarkan instalasi satu klik SimpleScript satu di WordPress, Anda dapat mengikuti petunjuk untuk menginstal WordPress dengan SimpleScripts.

  • Install Tema Anda

Jika Anda ingin menggunakan tema yang tidak termasuk dalam galeri tema default WordPress, Anda perlu mengunggahnya ke akun dan blog hosting Anda. Anda bisa melakukan ini melalui dashboard WordPress Anda dengan memilih Appearance – Add New Themes – Upload (atau langkah-langkah serupa tergantung pada versi WordPress yang Anda gunakan). Anda juga dapat mengunggah tema baru melalui akun hosting jika Anda mau.

  • Siapkan Sidebar, Footer, dan Header

Setelah tema Anda terinstal, saatnya untuk mengerjakan sidebar, footer, dan header blog Anda untuk memastikan desain blog Anda lengkap dan informasi yang ingin ditampilkan di samping, atas dan bawah blog Anda terlihat seperti yang Anda inginkan. Bergantung pada tema yang Anda gunakan, Anda mungkin dapat mengunggah gambar tajuk Anda secara langsung melalui dashboard WordPress Anda. Jika tidak, Anda bisa menemukan file header di file blog Anda di akun hosting Anda. Ganti saja dengan yang baru yang menggunakan gambar yang Anda inginkan (gunakan nama yang sama dengan file gambar asli header – biasanya header.jpg).

  • Konfigurasi Pengaturan Anda

Luangkan beberapa menit untuk memeriksa berbagai pengaturan yang tersedia melalui dashboard WordPress Anda dan buatlah modifikasi yang Anda inginkan sehingga blog Anda ditampilkan dan sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat mengubah pengaturan yang terkait dengan profil penulis dan bagaimana posting ditampilkan, semisal blog Anda mengizinkan trackback, ping, dan banyak lagi.

  • Pastikan Pengaturan Moderasi Komentar Anda Diatur dengan Benar

Blog yang sukses mencakup banyak percakapan melalui fitur komentar. Oleh karena itu, Anda perlu mengonfigurasi setelan moderasi komentar blog agar sesuai dengan tujuan blog Anda.

  • Buatlah Halaman dan Tautan Anda.

Setelah blog Anda terlihat dan berfungsi seperti yang Anda inginkan, Anda dapat mulai menambahkan konten. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat halaman rumah dan halaman “About Me” serta halaman kebijakan yang ingin Anda sertakan untuk melindungi dari masalah.

  • Tuliskan tulisan Anda mulai sekarang di blog
  • Pasang Plugin Utama WordPress.

Anda dapat menambahkan fungsionalitas blog Anda dan menyederhanakan proses dengan plugin WordPress. Jika Anda menggunakan WordPress 2.7 atau lebih tinggi, Anda dapat menginstal plugin secara langsung melalui dashboard WordPress Anda. Anda bisa lebih banyak cari tahu mengenai website di sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *