4 Tips Penting Memlilih Web Designer untuk Toko Online

20141230193127-work

Jika perusahaanmu menawarkan jasa web designer, tentu ada berbagai proyek desain yang tak bisa diterima. Biasanya itu adalah proyek-proyek yang membutuhkan kustomisasi dan/atau implementasi dari sistem ecommerce kelas-enterprise (seperti Magento) yang cukup kompleks untuk dikerjakan.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa informasi yang akan membantu calon klien potensial untuk lebih mempelajari pendekatanmu pada desain web, dan beberapa informasi ini bisa digunakan perusahaan yang masih belum mengetahui apa yang bisa perusahaanmu lakukan pada website mereka.

Semoga yang berikut ini bermanfaat dan informatif.

Tip #1. Matangkan strategi internet marketing sebelum menggunakan jasa seorang desainer. Ini kunci utamanya, karena a) kamu perlu menghitung biaya marketing sebelum benar-benar berencana mengembangkan sebuah website dan b) perencanaan marketing yang matang akan membantu desainermu “menyarankan” situs sesuai kebutuhanmu.

Biaya marketing adalah kuncinya. Hal terakhir yang harus dilakukan setiap pemilik website adalah menghabiskan jutaan rupiah untuk desain web, hanya untuk akhirnya mengetahui bahwa mereka tidak memiliki anggaran yang cukup untuk memasarkannya. Perlu diketahui bahwa sebuah website tak begitu saja mampu mendapatkan banyak visitor. Kamu harus mempromosikannya terlebih dahulu, dan biaya promosi itu lebih banyak dari yang kamu pikirkan.

Untuk proses menentukan fitur website baru, sangat bermanfaat jika desainermu dan tim marketing bisa mendiskusikan tentang fungsi dan bentuk website nantinya. Oleh karena itu, pastikan dulu kamu sudah memiliki tim marketing yang handal dan rencana yang matang sebelum mulai menyewa jasa web desainer.

Tip #2. Pelajari pemain besar dalam industrimu dan dalam website. Ingin sukses menjual produk secara online? Perhatikan situs perusahaan sukses yang menjual produk serupa dengan bisnismu serta ecommerce populer yang ada di sekitarmu. Buat catatan tentang fitur apa saja yanga da dalam situs tersebut, bagaimana cara kerja keranjang belanja mereka, bagaimana pengklasifikasian tiap kategori produk, dll.

Mempelajari situs ini akan menambah insight dan menjadi pembelajaran terbaik, selain itu hal ini juga akan membantumu menjelaskan pada desainer tentang cara kerja website yang diinginkan.

Tip #3. Buat dua daftar. Daftar pertama adalah untuk semua daftar fitur website wajib ada. Kemudian pada daftar kedua kamu bisa menuliskan fitur-fitur website yang kamu inginkan tapi tidak kamu butuhkan. Penting untuk membuat daftar ini sebelum kamu menemui calon desainer website, sehingga kamu bisa menunjukkan daftar keinginanmu dan menanyakan biaya total dari list pertama dan list kedua.

Dengan memberikan spesifikasi yang diinginkan sejak awal, kamu bisa menghemat waktu mereka dan website impianmu bisa segera direalisasikan.

Tip #4. Waspada akan solusi ecommerce yang self-hosted. Magento memang merupakan salah satu platform website ecommerce yang populer, namun dengan biaya investasi yang tinggi, biaya pemeliharannya juga relatif tinggi, dan membutuhkan biaya tim development yang mahal. Jika diakumulasikan, situs ecommerce yang self-hosted akan memakan biaya yang cukup membengkak untuk pengaturannya dan tak lebih murah untuk pemeliharaannya setiap bulan. Meskipun menawarkan pilihan yang full customization, namun ada harga yang harus kamu bayar untuk itu.  Sebaiknya pilih solusi platform yang lebih terjangkau dan mampu mencakup segala kebutuhan websitemu (termasuk hosting, pemeliharaan, backup, dll).  Pastikan kamu terlebih dahulu membandingkan harga dari hosted website dan self-hosted website dengan hati-hati. Jika desainermu memaksa untuk menggunakan solusi self-hosted website tanpa mendiskusikan pilihan hosting lain, segera temukan desainer lain.

Dengan memerhatikan empat tips diatas akan membantumu merasa lebih puas dan senang dengan hasil akhir produk. Jangan sampai kamu sudah bayar web designer mahal namun kesulitan dalam me-maintain-nya. Ikuti terus artikel menarik kami hanya di www.jawab.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *