5 Alasan Penting Menggunakan WordPress

reasons-to-use-wordpress-1080x440

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah mengapa banyak sekali desainer website yang menggunakan WordPress. Ada ratusan alasan mengapa WordPress menjadi tools paling favorit bagi para desainer web. Tapi berikut ini ada 5 alasan terbaik bagi kami untuk dibagikan pada kalian semua.

  1. WordPress memberikan kebebasan open source

WordPress adalah sebuah software Open Source yang dibangun oleh komunitas developer yang sangat besar dan tidak dimilik oleh satu perusahaan manapun atau individual. Dengan WordPress, kamu dan websitemu tidak akan dikenai biaya lisensi dan karena komunitasnya yang sangat besar, kamu tidak akan kesulitan dalam pengaplikasiannya karena akan ada banyak rekan komunitas yang mebantu. Kamu bisa sepenuhnya mengontrol website WordPressmu, dan bebas untuk berpindah ke desainer, manajer situs, maupun developer tema yang baru kapanpun kamu mau.

  1. WordPress Memiliki Komunitas yang Besar

WordPress digunakan oleh lebih dari 72 juta website dan telah menjadi platform website dan blog terpopuler di dunia. Ribuan developer dan desainer bekerja bersama-sama meningkatkan kebergunaan WordPress. Ini berarti selalu ada fungsionalitas baru yang tidak terpikirkan sebelumnya yang ditambahkan ke dalam repository WordPress, serta perbaikan yang selalu dilakukan pada inti WordPress maupun kode sumber tambahannya. Basis pengetahuan WordPress pun sangat masif, dengan ratusan forum, website dan blog yang khusus membahas WordPress. Jika kamu membutuhkan bantuan terkait situs WordPress seperti ingin mengkustomisasi sesuatu, cukup gunakan Google dan kata kunci yang tepat. Biasanya jawaban yang tepat akan langsung muncul di halaman 1 hasil pencarian.

  1. WordPress Sangat User Friendly

WordPress sangat user friendly, dan bisa sangat simpel atau rumit tergantung yang kita mau. Panel admin-nya sangat intuitif untuk digunakan, dan kamu tidak harus memiliki basis koding untuk melakukan aktivitas dasar seperti mengisi konten pada halaman web atau mem-publish post baru. Jika kamu telah terbiasa menggunakan internet dan membuat dokumen, menggunakan dasar-dasar WordPress sangatlah mudah. Jika kamu ingin memodifikasi lebih jauh website WordPress, kamu bisa mempelajari HTML, CSS dan sedikit PHP. Hampir setiap aspek pada tampilan dan fungsi WordPress dapat dimodifikasi sesuai keinginan.

  1. WordPress memiliki Fungsionalitas (Hampir) Tanpa Batas

Jika kamu ingin menambahkan fungsionalitas baru pada situs WordPress, biasanya sudah tersedia plugin untuk fungsi tersebut. Plugin memodifikasi dan menambahkan fungsi yang tidak disediakan pada inti WordPress, mulai dari menambahkan form kontak sampai mengubah website WordPress menjadi toko online lengkap dengan sistem cart, checkout, dan pembayarannya. Terdapat lebih dari sepuluh ribu plugin yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Plugin dapat berupa berbayar maupun gratis. Pastikan untuk mengecek review plugin sebelum kamu pakai, karena tidak semua plugin benar-benar bagus atau sesuai dengan keinginanmu. Dengan menambahkan plugin, situs WordPress-mu bisa menjelma menjadi apa saja.

  1. WordPress Kompatibel dengan Situs Mesin Pencari

Website yang menggunakan WordPress secara umum akan lebih bersahabat dengan situs pencari seperti Google. Google melakukan scanning terhadap konten dan direktori website, lalu membuat peringkat website berdasarkan jumlah kata kunci relevan yang ditemukan. WordPress sangat terstruktur sehingga kata kunci dapat diselipkan pada setiap tempat dimana Google mencari informasi – permalink, judul website, judul artikel, dan gambar. Google juga menyukai website yang selalu menyediakan konten baru secara berkala, dan WordPress memudahkan pengguna untuk selalu meng-update websitenya. Tentu saja jika fitur SEO standar WordPress tidak cukup untukmu, terdapat beberapa plugin hebat yang dapat memaksimalkan peluang websitemu untuk mendapatkan ranking tinggi pada hasil pencarian.

Itulah salah lima dari sekian banyak kemudahan saat menggunakan WordPress. Jika kamu sedang mencari domain murah dan web hosting mampir di idwebhhost.com ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *