5 Langkah Aman Agar Email Marketing-mu Berjalan dengan Baik

email-ltv-banner

Repeat customer adalah sumber kehidupan dalam setiap bisnis. Faktanya, studi terbaru dari Econsultancy menemukan bahwa repeat customer tiga kali lebih berharga daripada pembeli first timer. Ditambahkan, bahwa pembelian kedua terbukti menjadi suatu hal yang penting. Riset dari SumAll menunjukkan bahwa jika seseorang membeli suatu produk, mereka memiliki peluang sebanyak 27% untuk kembali membeli produk tersebut, meskipun pembelian kedua berpotensi 54% atas pembelian ketiga.

Dengan fakta tersebut, kamu harus terus memikirkan strategi untuk menjaga para pelangganmu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui email marketing. Berikut ini adalah tips agar pelangganmu terus kembali dan menjadi pelanggan tetap.

  1. Merancang newsletter

Newsletter mungkin sudah tidak lagi terlihat trendi, namun strategi ini bisa jadi penting bagi toko ecommerce-mu. Newsletter menjadi media komunikasimu tidak hanya dengan pelanggan namun juga dengan calon pelanggan potensial. Tawarkan semua value yang dimiliki produk/servis yang kamu tawarkan, berikan mereka konten-konten bermanfaat yang edukatif. Membuat newsletter menjadi awal dari aktivitas email marketing. Fungsi lainnya bisa dijadikan sebagai media promosi untuk produk baru, promosi atau diskon, bahkan kamu bisa membagi berita tentang perusahaanmu, tren yang sedang berkembang sekarang serta blog/artikel yang bermanfaat bagi mereka.

  1. Manfaatkan welcome emails

Orang-orang akan dengan mudah terhubung denganmu ketika mereka pertama kali melakukan signup ke dalam daftar email subscriber. Kamu telah mendapat perhatian dari mereka. Oleh karena itu welcome email menjadi peluang yang sangat besar. Jadi fokuslah pada bagian ini dan lakukan jangan hanya membalasnya dengan mengkonfirmasi alamat email subscriber baru. Dalam welcome email, kamu bisa memberikan sentuhan tambahan dengan mengajak mereka bergabung dengan saluran marketing lainnya seperti media social atau aplikasi mobile. Pendekatan ini ampuh bagi mereka yang belum menjadi pembeli sama sekali karena hal ini menjadi kesempatan untuk menarik perhatian mereka melalui konten yang lebih banyak. Melalui email ini kamu bisa membuat brandmu selalu menjadi top of mind bagi para pelangganmu.

criquet-welcome-email1

  1. Melacak on-site events untuk mengirim targeted emails

Pembelian sepatu olahraga bisa mengindikasikan bahwa pelanggan tersebut juga mungkin tertarik dengan atribut-atribut pelengkapnya, seperti kaos olahraga, atau kamu bisa melakukan penawaran dari produk-produk lainnya keluaran merk yang sama dengan sepatu olahraga yang dibeli. Sebagai tambahan, page views dari produk adalah indikator lainnya untuk menentukan tingkat ketertarikan sebuah produk.

Melacak on-site events seperti page views dan past purchase, termasuk melacak jumlah klik dalam email sebelumya, akan membantumu membuat kampanye yang bisa mendorong perilaku pembelian dari user. Hal ini jauh lebih efektif dibandingkan kamu blasting newsletter dengan konten lama kepada semua subscriber.

  1. Menggiring followers ke akun media sosial

Peran media sosial saat ini tidak hanya sekedar sebagai platform berjejaring tapi juga salah satu factor penentu kemana orang-orang akan pergi berbelanja, kemana orang-orang akan makan siang, atau bahkan sekedar lagu yang sebaiknya didengar. Seolah-olah media social dijadikan sebagai tempat riset produk dengan menanyakan pada teman dan followers mereka atas rekomendasi suatu produk tertentu. Untuk itu, demi membuat brand, misi, produk, dan valuemu selalu menjadi top of mind di pikiran pelanggan, kamu harus menjadi yang terdepan dan center dalam setiap timeline media social. Marketing lintas channel memperkuat apa yang kamu tawarkan dan memastikan kamu adalah brand pertama yang mereka pikirkan ketika mereka akan berbelanja.

kira-grace-pinterest-email

  1. Rancang program rewardmu sendiri

Perusahaan kartu kredit, hotel, maskapai penerangan, dan perusahaan besar lainnya sudah sering dikenal dengan penawaran program reward kompetitif yang mereka rancang sebagai hadiah bagi pembelian berulang, dan email adalah media utama untuk mengeksekusi strategi ini. Ada banyak strategi program reward yang bisa disediakan bahkan bagi perusahaan startup sepertimu, salah satunya adalah dengan memberikan akses private ke merchandise baru. Kamu bisa membuat pelanggan VIPmu menjadi orang pertama yang melihat produk barumu sebelum orang lainnya. Status VIP bisa diberikan dengan pembelanjaan dengan nominal tertentu atau melalui undangan private, sebuah email dedikasi seperti ini sangat efektif bahkan bagi perusahaan kecil sekalipun.

Dengan beberapa tips di atas, kamu sudah cukup memiliki bekal untuk merancang program email marketing-mu sendiri dengan berfokus pada konversi yang berulang.  It’s time to start sending!

Belum punya toko online sendiri? Jangan khawatir! Kamu bisa membuatnya sekarang juga hanya di Jejualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *