5 Langkah Melakukan User Testing Website

gamification-in-business-illustration-web

User Testing Website merupakan proses yang dapat mengintimidasi banyak orang, terutama ketika melibatkan orang lain didalamnya. Mereka mengganggap bahwa, melakukan user testing membutuhkan fasilitas khusus, peralatan, dan keahlian. Sayangnya itu tidak benar!

Dalam beberapa kasus, biasanya terhambat karena fasilitas atau logistic. Artinya, kamu harus menggagalkan rencana tersebut. Berikut 5 langkah pengujia situs user:

  1. Pilih Tempat

Hal pertama yang kamu butuhkan adalah tempat untuk mengadakan test. Kamu bisa menggunakan kantor atau ruang konferensi di tempat kerjamu. Idealnya cari tempat yang agak tenang dan tidak ada gangguan.

Jika kantormu tidak memilikinya, kamu bisa menyewa sebuah kamar hotel. Banyak hotel yang menawarkan kamar atau ruangan berbagai macam ukuran. Jika anggaranmu tidak cukup, kamu bisa beralih ke pengaturan public untuk bertemu dengan orang-orang yang akan kamu test, misalnya kedai kopi atau perpustakaan umum. Meskipun ini kurang baik, tapi tempat ini bisa kamu gunakan dalam keadaan mendesak.

  1. Pilih Subjek

Setelah kamu memiliki tempat, selanjutnya kamu perlu menemukan orang-orang yang akan kamu uji. Termasuk dengan posting permintaan di Facebook, LinkedIn, atau situs media social lainnya untuk menempatkan iklan di Craigslist.

Pastikan untuk lebih spesifik dalam mencarinya. Kamu bis amenghubungi untuk informasi lebih lanjut, sebagai imbalan atas jasa mereka. Buatlah kompensasi dari permintaan untuk menguji beberapa orang.

Jika kamu ingin mendapatkan suasana informal, kamu bisa meminta bantuan orang terdekatmu untuk mengujinya. Pastikan untuk menjaga test dan tidak memaksanakannya.

  1. Pemahaman Test

Sebelum kamu memulai test, kamu harus memiliki sebuah pemahaman. Ini bergantung pada situs atau kebutuhan bisnsimu. Jika perusahaan real estate, maka kamu akan menguji dan memastikan bahwa orang tersebut mudah menemukan property. Ini akan berpengaruh dalam keberhasilan situsmu.

  1. Kajian Data

Pengujian data besar dapat menilai benar tidaknya rencanamu dalam mendapatkan manfaat apapun dari inisiatif pengujian. Ketika menguji website, mintalah peserta untuk menggunakan video. Ini akan membantumu dan timmu dalam meninjau pemeriksaan lebih lanjut.

Saat meninjaunya, pastikan untuk melakukannya dengan cepat. Idealnya kamu harus menguji awal minggu dan meninjaunya akhir minggu. Hal ini dapat memberikanmu informasi dan pengalamn baru dalam merevisi berdasarkan data uji.

  1. Perluasan dan Revisi

Jika kamu memiliki data, buatlah beberapa perubahan yang nyata berdasarkan apa yang kamu temukan. Jangan sampai kewalahan dan terlalu banyak kemungkinan atau umpan balik. Tetaplah focus dengan mencari masalah yang paling penting.

Masalah sekunder dapat direncanakan, selama kamu dapat mengatasi misi. Pastikan pula bahwa orang-orang dapat menyeklesaikan masalah dan semua fiturnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *