5 Tips Ampuh Pinterest Pins yang Menarik Untuk Pembaca

pinterest

Pinterest adalah tools media sosial yang sangat baik digunakan untuk blog pemasaran, kita dapat membuat pins boards yang relevan untuk setiap posting blog. Setiap pin menciptakan titik entri baru ke blog, yang berpotensi untuk menaikkan traffic blog.

Dengan tips menggunakan Pinterest untuk promosi blog, kita dapat menaikkan traffic blog dari Pinterest, tapi sebelum memulainya kita harus mempertimbangkan tujuan membuat blog dan setiap postingan blog.

Nilai apa yang kita berikan untuk target audiens dari pin dan posting blog? Apakah pin merepresentasikan merek blog secara tepat? Apakah pin dapat menarik audiens yang tepat untuk blog? Apakah mereka akan senang atau kecewa dalam konten yang mereka temukan di blog setelah mengklik pin kita?

Dalam istilah sederhana, pin harus menarik secara visual, termasuk deskripsi yang bermanfaat dan relevan untuk audiens.

Ikuti tips dibawah ini dalam membuat gambar pin yang menarik untuk mempromosikan blog pada Pinterest.

1. Warna

Gunakan warna-warna berani yang menarik perhatian mata audiens. Gambar dengan beberapa warna biasanya jauh lebih menarik daripada gambar hitam putih di Pinterest. Selanjutnya pilih gambar yang terang atau tidak terlalu gelap. Gunakan alat editing gambar untuk mengubah ukuran, memotong atau mengedit gambar sebelum mempublikasikan ke blog kita.

2. Orientasi

Gambar yang baik adalah gambar yang menggunakan orientasi potrait. Cobalah untuk menggunakan rasio 2:3. Perlu diingat bahwa feed gambar pada pinterest adalah vertikal, sebab jika horisontal akan muncul sangat kecil. Pinterest merekomendasikan untuk gambar tidak boleh melebihi rasio 1:3,5

3. Kualitas

Jika gambar dengan kualitas rendah, maka gambar tersebut tidak bisa di klik bahkan dapat merusak kepercayaan audien terhadap merek kita. Pastikan gambar yang akan kita publish memiliki resolusi yang cukup untuk desktop dan perangkat mobile. Pastikan juga bagian yang paling penting pada gambar mudah dilihat oleh audiens. Seperti yang dijelaskan di point 2, bahwa pinterest memiliki feed yang vertikal dan ada beberapa gambar yang bisa muncul sangat kecil. Pastikan audiens bisa benar-benar melihat gambar sesuai yang mereka inginkan untuk menentukan relevan atau tidak gambar tersebut. Jika tidak maka mereka tidak akan mengklik ataupun berbagi gambar tersebut dengan yang lain.

4. Teks

Menambahkan teks pada gambar yang akan kita publish dapat meningkatkan share dan klik. Seperti menambahkan judul yang menarik, pesan ataupun motivasi yang menarik. Namun, pastikan teks tidak mendominasi lebih banyak dari gambar.

5. Branding

Kita harus menyertakan logo, URL, dan pemberian hak cipta pada gambar kita sendiri. Pastikan branding dibuat dengan ukuran yang minimum. Sebab jika logo atau merek terlalu besar dapat mengurangi nilai gambar dan pin yang kita gunakan terlihat seperti iklan biasa.

Itulah 5 tips bagaimana menggunakan Pinterest untuk promosi dan menarik pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *