9 Tips Jitu dalam Memulai Bisnis Toko Online

Shop Green(2)

Memulai bisnis ecommerce adalah bagaikan memulai sebuah petualangan menarik. Menarik sekaligus membingungkan saat pertama kali. Seperti melewati sebuah labirin raksasa yang harus kamu lewati untuk mendapatkan sebuah emas. Untuk membantumu memulai bisnis toko online, kami sudah membuat 9 daftar panduan yang bisa kamu pakai.

Mulai dari market spesifik terdekat

Jangan pilih produk random atau pilihan produk yang terlalu besar untuk dijual. Fokus pada hal yang spesifik untuk memulainya. Hanya karena OLX bisa menjual semua hal, bukan berarti kamu harus memulainya dengan produk yang sama sejak awal. Hal itu memakan waktu perusahaan bertahun-tahun untuk mengetes, menyempurnakan, menghasilkan uang, dan bertumbuh untuk mendapatkan pilihan produk dan skala yang besar seperti mereka saat ini. Permulaan kecil yang fokus akan membangun sebuah komunitas yang kuat, maka temukan fokus dari brandmu, dan konsentrasi penuh untuk memasarkannya. Waktu dan usaha yang kamu lakukan diawal akan terus mempengaruhi perjalanan dan memberikan fondasi yang kuat bagi bisnismu.

SELALU cari cara untuk menjadi unggul!

Lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Ini adalah saran marketing yang paling penting dan tidak bisa diremehkan begitu saja. Bahkan sebuah bisnis toko online yang sudah berjalan lebih dari satu tahun bisa saja gagal. Jangan hanya terpaku pada iklan atau membayar untuk medapatkan traffic yang tinggi. Jika begitu kamu hanya akan menemukan anggaranmu membengkak tanpa ada revenue yang bisa kamu hasilkan.

Cari cara untuk mengetahui dan melakukan remarket dengan:

  • Mencari tahu koneksi email/sosial melalui diskon/promosi
  • Mengetahui koneksi email/sosial melalui konten yang informatif
  • Mengajak mereka untuk ‘like’ atau ‘follow’ situs media sosial
  • Membuat giveaway atau kompetisi untuk mengetahui informasi tentang mereka

Jangan pernah berasumsi!

Hanya karena kamu berpikir suatu hal akan berhasil atau karena seseorang memberikanmu sebuah saran, bukan berarti hal itu pasti benar. Temukan cara untuk mengetesnya dan risetlah tentang semua hal, terutama jika itu adalah hal penting yang akan membawa perubahan besar pada bisnis toko online-mu.

Lakukan riset dan temukan platform yang tepat

Jangan memilih sebuah platform toko online hanya karena mereka sedang memberikan diskon, atau mereka yang paling murah, atau yang sesuai dengan keinginanmu. Pikirkan jangka panjangya, bukan hanya saat ini. Ingat bahwa akan ada perubahan situs dan migrasi platform yang bisa jadi sangat mahal. Pastikan kamu melakukan riset platform, biayanya dalam jangka panjang, fungsi-fungsinya dan aplikasi/plugin yang disediakan, dan kemungkinan untuk mendapat bantuan dari para ahlinya. Misalnya, kamu sign up untuk pemakaian platform yang super murah tapi kurang dikenal selama setahun, tapi biaya untuk tenaga ahlinya 2,5 lebih mahal dari biasanya. Apakah sepadan?

Strategi marketing awalan yang FOKUS

Sekali lagi, ini adalah situasi di mana kamu harus fokus pada apa yang ingin kamu lakukan dan menyempurnakannya. Hanya karena perusahaan A atau B bisa mengelola strategi Facebook, Twitter, Email, PPC, SEO, Retail, Branding, Iklan TV, dll dll dl, sekaligus bukan berarti kamu juga bisa melakukannya. Mungkin saja perusahaan itu menggunakan jasa agensi, dengan budget yang besar dan banyak staff yang bekerja untuk membuat semuanya tetap bekerja. Cari tahu apa yang bisa kamu lakukan dengan optimal dan cobalah beberapa untuk mengetahui strategi mana yang cocok dan mana yang tidak. Kemudian fokuslah pada penyempuranaan strategi yang sesuai dengan brandmu. Pilih jejaring sosial yang sanggup kamu fokuskan dan lakukan penyempuranaan di sana. Kamu tidak akan bisa sukses jika kamu menyasar semua target pada saat yang bersamaan.

Melakukan pemantauan sejak awal!

Metrics/Analytics/Data adalah fondasi penting jika ingin membuat bisnismu sukses secara berkala. Mungkin kamu tidak tahu apa yang harus dianalisis atau bagaimana cara membacanya, tapi itu bukan alasan untuk tidak menggunakannya. Bahkan jika kamu datang ke konsultan sekalipun, mereka tidak akan bisa membantu, memberi saran jika belum ada data yang bisa mereka amati. Memiliki satu orang saja yang mengerti tentang data maka itu sudah cukup. Sebaiknya mulai dari memiliki akun Google Analytics untuk memantau bisnismu. Selamanya gratis. Sebagai tambahannya, kamu bisa melacak efektifitas social button dengan Addshopper social analtyics.

Mengetahui dengan pasti apa yang dilakukan oleh kompetitor!

Akuilah, brandmu tidak sepenuhnya unik. Tentu ada beberapa brand dan situs yang serupa dengan bisnismu. Coba caritahu apa kesalahan mereka dan lihat strategi-strategi yang berhasil mereka lakukan. Buat catatan dari kelemahan dan kelebihan mereka. Jangan takut untuk mencontoh kelebihan-kelebihan mereka.

Jangan pernah gunakan template dari manufacturer

Misalnya kamu menjual produk yang tidak kamu manufaktur sendiri, kamu akan mendapatkan hasil manufaktur yang default. Jangan gunakan itu! Selalu tambahkan kreasimu sendiri dengan membuat gambar dan deskripsi yang baru. Tambahkan informasi yang mungkin belum mereka cantumkan: tinggi, berat, fitur dan fungsi lainnya, dll.

Biasanya template yang dibuat sangat membosankan dan kurang komunikatif. Sebagai tambahan, deskripsi default juga menjadi mimpi buruk untuk SEO. Jika setiap situs menjual produk mereka dengan teks yang sama, kamu tidak akan terlihat berbeda saat dicari di mesin pencari Google dan tidak akan mendapat ranking yang baik.

Don’t try to undercut other’s prices

Jika kamu adalah bisnis toko online yang baru muncul, kamu sebaiknya tidak bunuh diri dengan mencoba berkompetisi harga sejak awal. Tentu itu tidak akan mungkin. Sebuah brand yang sudah lama berdiri tentu memiliki perjanjian harga yang lebih baik dari manufacturer, kurir pengiriman, dan mereka mengetahui batas mereka bisa memberikan harga terendah untuk konsumennya.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah memasarkan dengan baik, memperkenalkan brand dengan baik, menyajikan sesuatu yang spesial seperti customer service dan memberikan sentuhan personalmu sendiri. Jika sedari awal kamu sudah ingin langsung menjatuhkan harga kompetitior dan menentukan margin yang sangat kecil, bisnis toko online yang kamu bangun akan segera hancur sia-sia.

Partner bisnis toko online terbaik dan terpercaya bisa kamu temukan hanya di Jejualan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *