Begini Panduan Memilih Nama Domain dan Tools yang Biasa Dipakai

nama domain

Banyak pemilik bisnis dan pengusaha digital selalu terburu-buru ketika mendaftarkan domain tanpa berpikir panjang atau melakukan penelitian sebelumnya. Meskipun nama domain bukanlah faktor paling penting dalam kesuksesan sebuah website dan menjamin peringkat tinggi di Google, tapi sangat penting untuk mengoptimalkan nama domain sesuai dengan bisnis Anda. Jadi, bagaimana cara memilih nama domain yang baik? Berikut beberapa tips memilih nama domain yang baik dan tools yang bisa Anda gunakan.

Cara memilih nama domain berdasarkan kata kunci

Jika Anda memulai sebuah blog, misalnya dengan nichehome insurance reviews”, tugas utama yang harus Anda lakukan adalah menemukan beberapa kata kunci yang menjadi fokus bisnis Anda. Jangan memilih kata kunci dengan tingkat persaingan yang tinggi, sebaliknya cari kata kunci unik dengan persaingan kompetitor yang paling rendah. Anda bisa menggunakan Google Insight untuk memeriksa popularitas kata kunci web di seluruh dunia, atau bahkan daerah atau negara tertentu. Google Insight dapat membantu untuk mempersempit kata kunci penting untuk bisnis Anda. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut dengan kombinasi nama yang unik atau sederhana untuk sebuah nama domain.

Memilih nama domain unik

Jangan memilih domain yang terdengar seperti versi berbeda dari sesuatu yang sudah ada dan cukup populer. Misalnya, bisnis Anda berhubungan dengan Forex dan perdagangan saham online dan kompetitor Anda adalah MoezStocks.com. Jangan mencoba menjadi salah satu dari mereka dengan memilih domain seperti StockMoz.com atau apa pun yang serupa lainnya. Faktanya adalah bahwa situs yang serupa (dalam hal nama domain) yang telah ada sebelumnya, hanya akan membuat Anda berada di balik bayang-bayang mereka dan merek atau bisnis Anda tidak akan mendapat peringkat tinggi seperti yang diinginkan. Bahkan, dalam beberapa kasus hal ini dapat menimbulkan masalah hukum.

Jadi, bagaimana memilih nama domain yang unik untuk merek online? Lakukanlah penelitian dan brainstroming, pikirkan tentang bidang yang Anda geluti dan hal yang terkait dengannya yang mungkin bisa menjadi referensi humoris atau bijak.

Menentukan ekstensi domain

Hal lain yang harus diperhatikan adalah menentukan ekstensi domain dengan hati-hati. Memilih TLD (Top-Level Domain) harus yang sesuai dan bekerja dengan baik untuk bisnis atau blog Anda. Jika Anda tidak memiliki alasan yang kuat untuk menggunakan domain seperti .tv atau .me, maka jangan memilihnya. Selain itu, hampir semua orang secara alamiah mengetikan .com ketika mencoba untuk mencari website secara langsung. Bagaimana jika Anda menggunakan domain yang lebih murah seperti .info dan tiba-tiba kehilangan klien yang berharga hanya karena itu? Untuk alasan inilah, Anda juga harus mempertimbangkan domain forwarding sebagai ide yang bagus. Daftarkan nama yang sama dengan ekstensi domain .net dan .org, kemudian forward ke situs .com utama Anda. Banyak situs populer yang telah melakukannya dan hal ini benar-benar dapat membantu mereka mendapatkan traffic.

Tetap pendek dan sederhana

Sementara nama domain seperti desainrumahminimalisterbaik.com mungkin terlihat cukup sederhana, namun itu adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Jika nama domain Anda fokus pada kata kunci tertentu, maka jangan menambahkan terlalu banyak kata kunci yang tidak perlu. Bagaimanapun, membangun nama merek sendiri harus tetap jelas, pendek dan sederhana. Anda bisa melihat situs seperti Gmail.com atau Hotmail.com. Hanya dengan sekali membacanya, orang pasti akan langsung tahu tentang situs tersebut.

5 tools untuk membantu memilih nama domain

1. Domainr

Domainr adalah tool yang powerful dan mudah digunakan. Anda dapat menggunakannya dengan mengetik kata kunci tertentu, kemudian domainr akan memberikan saran dan langsung memeriksa apakah domain tersebut tersedia atau dijual oleh pemiliknya. Ini tidak memberikan Anda terlalu banyak kemampuan untuk melakukan penelitian, tetapi merupakan salah satu tool pencari domain tercepat di internet dan sangat cocok bagi Anda yang sedang brainstroming dan perlu memeriksa sesuatu dengan cepat.

2. dnScoop

dnScoop adalah tool yang sangat menarik dengan beberapa kegunaan. Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa beberapa nilai estimasi domain atau website (yang sudah Anda miliki) untuk mendapatkan beberapa wawasan bagaimana Anda berdiri. Namun, ada juga kasus ketika ada seseorang
yang menawar domain yang Anda miliki dengan harga yang cukup besar. Nah, Anda dapat menggunakan tool ini untuk melihat nilai yang mereka tawarkan benar-benar layak atau hanya menipu.

3. Ajax Whois

Ajax Whois adalah domain checker tool mirip seperti Domainr dengan fitur Whois gratis dan instan untuk menghubungi pemilik domain jika Anda berpikir untuk menawar domain tersebut.

4. Domain Tools

Domain adalah sedikit lebih lambat dan kurang user-friendly dibandingkan Ajax Whois atau Domainr, tapi memiliki beberapa fungsi yang tidak dimiliki mereka. Tool ini memberikan informasi kepada Anda apakah domain terdaftar atau tidak, informasi whois, dan memberikan saran nama untuk domain yang baik.

5. Dot-o-mator

Dot-o-mator membantu Anda untuk menghasilkan nama website. Masukkan beberapa kata kunci sebagai prefixs dan sufixes dan Dot-o-mator akan memberikan saran dan memeriksanya jika tersedia. Tool ini juga memiliki beberapa preset yang dapat Anda gunakan dengan baik.

Itulah beberapa tips memilih nama domain dan tools apa saja yang sering digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *