Cari Web Hosting Terbaik? Ini Dia 10 Syarat yang Harus Dipenuhi

web hosting

Saat ini ada banyak sekali layanan web hosting bahkan cloud hosting di Indonesia. Tapi, dalam memilih web hosting yang tepat memang bukan hal yang mudah. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan, apa saja? Berikut kami akan memberikan 10 kriteria web hosting terbaik.

1. Keandalan dan kecepatan

Faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah uptime server. Kita perlu memastikan bahwa layanan web hosting menawarkan keandalan dan uptime server yang baik. Kita harus meminta jaminan kepada penyedia semisal uptime server kurang dari 99.5% atau seperti yang dijanjikan. IDwebhost adalah salah satu perusahaan web hosting berpengalaman dan terpercaya.

2. Traffic atau bandwidth

Alasan kenapa kita membutuhkan layanan server hosting yang handal adalah bahwa kita akan mentransfer data ke dan dari server. Banyak perusahaan menawarkan unlimited bandwidth tapi kita harus selalu memastikan bahwa memilih harga yang pasti di mana kita membayar sesuai dengan bandwidth yang digunakan.

3. Kapasitas penyimpanan

Sama seperti bandwidth, sebagian besar penyedia layanan hosting di Indonesia juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar, misalnya 100 GB atau lebih, tapi kebanyakan situs biasanya tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang terlalu besar. Untuk memastikannya, kita bisa mengukur berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan oleh website. Kemudian cari perusaahan web hosting yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

4. Dukungan pelanggan

Ketika memilih web hosting, tentunya kita tidak ingin terjebak dengan perusahaan yang tidak bisa memberikan dukungan atau solusi ketika terjadi masalah. Layanan pelanggan yang baik sangat penting untuk membantu menjawab pertanyaan kita. Idealnya, layanan pelanggan web hosting terbaik memiliki pusat bantuan yang siap membantu 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk penanganan dan penyelesaian masalah

5. Kelayakan teknis

Pastikan bahwa penyedia web hosting memungkinkan kita untuk memiliki FTP, PHP, Perl, SSI, .htaccess, SSH, MySQL dan Cron. Karena beberapa layanan web hosting mungkin tidak memperbolehkan kita untuk menginstal script ini. Contohnya seperti MySQL sangat penting jika kita memiliki database dan perlu menggunakan query berdasarkan itu.

6. SSL atau keamanan server

Seperti kita tahu bahwa keamanan dalam sebuah website merupakan hal yang sangat penting, terutama situs ecommerce yang mengumpulkan banyak rincian kartu kredit. Jika kita mendapatkan uang dari penjualan produk secara langsung, pastikan penyedia layanan web hosting yang kita gunakan memberikan pengaturan keamanan server atau SSL.

7. Email custom domain

Memiliki email dengan domain sendiri adalah hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis. Selain meningkatkan kredibilitas, email dengan domain sendiri akan terlihat lebih profesional, misalnya kontak@jawab.co.id. Periksa apakah web hosting yang kita gunakan menyediakan fitur ini pada menu control panels mereka.

8. Multiple domains

Tidak semua penyedia web hosting di Indonesia memungkinkan kita untuk meng-host beberapa domain atau subdomain di server yang sama. Pastikan untuk memeriksa semua syarat dan ketentuan tentang hal ini sebelum mengambil keputusan.

9. Kompabilitas

Periksa sistem operasi apa yang digunakan. Sistem operasi berbasis Linux dengan Apache web server mungkin adalah pilihan yang terbaik. Jika tidak, kita mungkin memiliki beberapa masalah tentang kompabilitas dan juga kesulitan melakukan konfigurasi.

10. Harga

Harga merupakan faktor penting. Pastikan untuk memahami berapa harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting. Apakah itu paket bulanan, kuartalan, atau tahunan. Kemudian kita bisa membandingkannya dengan penyedia web hosting lainnya untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Bagaimana? Sudah bisa mencari provider yang terbaik? Kalau Anda masih mencari web hosting terbaik bisa mengunjungi Idwebhost.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *