Catat! 6 Komposisi Sukses Desain Ecommerce

pink

Dengan bertumbuhnya jumlah bisnis yang membawa produk dan servis mereka ke web, bisnis ecommerce menawarkan jangkauan yang lebih menggiurkan dan kemudahan akses menuju pelanggan dan calon pelanggan potensial yang seakan tak berbatas. Sebagai desainer web kita harus siap untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari web ecommerce klien. Dari sekian banyak web kita bisa melihat banyak contoh baik dari situs ecommerce yang benar-benar didesain dengan sangat apik, tapi tak jarang juga ditemukan beberapa yang sangat kurang sedap dipandang mata.

Berikut ini kita akan membahas beberapa poin yang membuat website ecommerce yang tidak hanya memiliki desain yang bagus tapi juga dilengkapi fitur-fitur yang dibutuhkan user jika dilihat dari payung besar UX. Pastikan sebelum mendesain web ecommerce kamu memerhatikan hal-hal di bawah ini:

SEARCHABILITY

Kamu tidak hanya mendesain web yang memiliki kotak pencarian di dalam situs, namun kamu juga harus memastikan fitur itu bisa bekerja dengan baik. Visitor akan mencari item yang mereka ingin  beli dari situs dan jika fungsi pencariannya tidak bisa bekerja dengan baik, tentu hal itu menyulitkan mereka untuk menemukan barang yang dicari. Mengingat banyaknya situs ecommerce saat ini, visitor tak akan ragu untuk menjelajah ke situs kompetitor yang bisa memberikan jauh lebih banyak kemudahan bagi mereka.

Jadi pastikan bahwa kamu tidak hanya memikirkan bagaimana mereka bisa mencari produk dan servis yang ditawarkan, tapi pastikan juga kamu memberikan petunjuk pada visitor di bagian mana dalam situs mereka bisa menemukan apa yang dicari. Dengan begini mereka bisa dengan mudah mencari item yang sejenis dalam kategori yang sama. Ini tentang bagaimana memberikan mereka fleksibilitas sebanyak mungkin untuk mengakses isi toko onlinemu.

salus

 

SHOPPING CART

Sama seperti kotak pencarian, visitor tidak hanya membutuhkan cara yang mudah untuk menemukan ikon keranjang belanja dari halaman manapun dalam website, tapi keranjang itu sendiri juga harus dibuat user friendly dan fungsional. Visitor memiliki ekspektasi yang harus diperhatikan, demi membuat visitor menjadi pengguna/pelanggan bagi produk atau servis yang kamu tawarkan. Mereka harus bisa dengan mudah menghapus maupun menambahkan item ke dalam keranjang belanja dengan menyediakan tombol quantities dalam keranjang. Maksimalkan pelayananmu dengan menyediakan informasi estimasi biaya pengiriman berdasarkan kode pos mereka dan tawarkan berbagai pilihan pengiriman jika memungkinkan. Buatlah proses check out menjadi mudah dan tidak membingungkan.

jandv

PRODUCT SHOWCASE

Biasanya setiap website pasti ingin memamerkan produk mereka dengan cara yang paling efektif dan atraktif. Fotografi produk mungkin menjadi hal utama yang harus diberi perhatian (dan biaya) ekstra, tapi pastikan kamu menyarankan klien untuk menyewa fotografer yang sesuai dengan kocek perusahaan.

Sebuah gambar atau foto yang bagus memiliki komposisi cahaya yang tepat, detail produk terlihat, serta warna yang tajam dan mirip seperti aslinya. Jangan lupa tambahkan deskripsi yang detail, cover semua informasi yang dibutuhkan pelanggan. Yang terakhir, pemilihan warna, dimensi, dan ukuran gambar juga tak boleh luput.

noon

 

CALLS TO ACTION

Meskipun ini menjadi bagian vital di dalam web, gambar dan deskripsi paling bagus sekalipun tidak akan berart apa-apa jika visitor tidak bisa menemukan tombol untuk membeli item tersebut. Pastikan kamu membuat tombol aksi (CTA) dalam websitemu terlihat dengan sangat jelas dan diletakkan pada posisi yang strategis sehingga menggiring visitor menuju tombol ini. Pastikan semua tombol itu bisa bekerja dengan baik, jika situsmu saja bermasalah pada bagian CTAnya, bagaimana visitor akan kembali lagi untuk membeli barang di situsmu? Pasti akan sangat menjengkelkan ketika ada tombol “Klik di sini” namun ketika mereka melakukannya, tidak ada apapun yang muncul di sana.

skinny

 

 

SECURITY

Pastikan situsmu memiliki seritifikat SSL yang up-to-date untuk memulai. Pastikan juga situsmu menggunakan payment gateway yang memiliki reputasi baik untuk ditawarkan pada pelanggan sebagai bentuk kenyaman yang kamu berikan ketika mereka mulai mencari informasi tentang pembayaran, dan lagi, jangan pernah menyimpan informasi kartu kredit yang dikirim melalui situs. Tidak hanya itu, pastikan untuk mengenkripsi semua komunikasi dengan prosesor kartu kredit.

CONTACT INFORMATION

Semoga, jika semua poin diatas sudah tersedia dengan baik di situsmu, pelanggan akan dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan membelinya tanpa ragu. Namun jika pelanggan masih memiliki pertanyaan, memberikan informasi kontak yang bisa dihubungi adalah hal yang wajib kamu lakukan. Jika belum ada representatif yang bisa langsung menangani masalah mereka dengan segera, pastikan kamu segera mengkomunikasikan hal itu pada mereka dan berikan solusi. Membiarkan mereka menunggu bukanlah ide yang bagus. Mereka tidak akan ambil pusing dan segera mencari alternatif lain untuk berbelanja.

Belum punya situs ecommerce-mu sendiri? Bangun bisnis onlinemu sekarang juga hanya di Jejualan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *