Cegah 6 Kesalahan Ini dalam Bisnis Online

Wrong_2b6b705e-371b-44ae-975f-4f7d1af91c0d

Membangun bisnis online bukanlah hal yang mudah, terutama jika bagi para first timer. Namun jangan hanya karena ini pengalaman perdana, kamu akan dimaklumi saat melakukan kesalahan. Ada quote terkenal yang mengatakan “Hanya orang bodoh yang belajar dari kesalahannya sendiri. Orang yang bijak akan belajar dari kesalahan orang lain.”

Dalam artikel ini, kita akan melihat enam kesalahan yang sering dialami oleh pemilik bisnis online baru dan bagaimana kamu menghindarinya. Cekidot!

  1. Pemikiran bahwa konsumen akan datang dengan sendirinya

Ini sama sekali tidak benar. Membangun bisnis (dan traffic) membutuhkan waktu, energi, dan usaha. Berdasarkan statistika dari Internet Live, internet saat ini memiliki 1,202,012,086 website, dan ada 4.44 milyar halaman di dalamnya. Pikirkan hal ini. Ketika kamu membangun toko online, kamu akan menjadi website ke-1,202,012,087. Bagaimana caranya penjelajah akan menemukanmu?

Membangun situs yang menarik dan mengisinya dengan produk yang berkualitas tidak akan serta merta membuat konsumen datang. Ketika kamu memulai bisnis, kamu haru menyadari bahwa meluncurkan website hanyalah langkah pertama dalam perjalananmu membangun bisnis. Ada banyak sekali hal yang harus kamu lakukan setelahnya.

  1. No Logo

Logo adalah hal pertama yang dilihat visitor dan menjadi kesan pertama dari toko onlinemu. Minimal untuk bisnis ecommerce bisa menampilkan nama brand dalam teks standard, namun inipun masih belum cukup.

Tapi mengapa masih banyak toko online yang dibuat tanpa logo?

Biasanya para pemiliki bisnis online berpikiran mereka harus membayar mahal untuk jasa desainer logo. Faktanya, hal itu tak selalu benar. Ada banyak sekali pilihan tersedia di luar sana untuk membuat logo yang sangat terjangkau dan bahkan gratis. Jadi tidak ada alasan untuk menggunakan teks logo default lagi bukan?

  1. Halaman “About” atau “Contact” yang tidak sesuai

Banyak pemilik bisnis meremehkan potensi penjualan melalui halaman “About”. Padahal seringkali analytics tools menunjukkan bahwa halaman “About” menjadi peringkat kedua halaman yang paling sering dikunjungi atau menjadi ranking tiga besar. Hal itu berarti halaman penting bagi visitor.

Meskipun faktanya menunjukkan hal itu, masih banyak bisnis online yang kurang memerhatikan halaman ini. Berikut adalah kesalahan yang sering terjadi pada halaman About dan Contact:

No Story – Bisnis apa yang sebetulnya kamu jalankan? Bagaimana cara kerjanya? Apa latar belakang dari terbentuknya produk yang kamu jual saat ini? Bagaimana mereka dibuat? Kamu tidak perlu membuat cerita yang sangat panjang, beberapa paragraf singkat sudah cukup bermanfaat bagi visitor yang ingin tahu tentangmu.

No Location Details – Kamu memang bisnis yang berbasis online, namun bukan berarti visitor tidak akan mencari tahu tentang alamatmu. Banyak dari mereka tentu ingin tahu lokasimu berada dan dari mana produk pesanan mereka akan dikirimkan. Bagi beberapa visitor, ini mungkin hanya perkara membangun rasa percaya, tapi bagi yang lainnya mungkin mereka punya permintaan khusus atau menanyakan perihal pengiriman barang ke luar negeri, misalnya.

Menggunakan alamat email umum – Jangan pernah lakukan hal ini. Gmail memang email yang cukup bagus bagi para profesional tapi sebaiknya luangkan waktumu untuk membeli nama domain yang sesuai (namabrandmu.com) dan buat alamat email profesional agar calon konsumenmu tahu bahwa kamu serius membangun bisnis ini.

  1. Strategi SEO lemah

Mungkin masalah yang sering terjadi pada toko online adalah perancangan strategi SEO yang tidak dilakukan dengan benar. Terutama menyangkut fakta bahwa SEO yang sukses bagi bisnis baru membutuhkan waktu yang tidak sebentar hingga akhirnya benar-benar tercapai hasil yang diinginkan.

Padahal, SEO adalah hal penting dan menjadi tools yang sangat ampuh untuk tetap membuat traffic sesuai target ke dalam situs, secara kontinyu. Tidak seperti channel Facebook dan Google Adwords yang menghentikan traffic setelah masa waktu pembayaran selesai dijalankan.

Apakah saat ini kamu bisa membuat daftar 10 kata kunci pertama sebagai target jangka panjang? Jika kamu belum bisa melakukannya, mungkin sebaiknya pikirkan ulang tentang strategi SEO dan keywordmu.

  1. Fokus ke banyak hal

Bisnis adalah hal yang sulit dan rumit. Bayangkan dokter ahli bedah yang melakukan dua operasi pada saat yang bersamaan! Hal yang sama juga terjadi pada bisnis. Memang bukan berkaitan dengan nyawa orang lain, tapi nyawa bisnismu yang menjadi taruhannya. Seringnya para entrepreneur kemudian menjadi seperti mengejar ekor sendiri, mengembangkan aplikasi yang super canggih atau taktik growth hacking dan justru mengabaikan apa yang telah dimulai sebelumnya.

Berfokus pada terlalu banyak hal hanya akan menguras energi dan produktivitas. Biasanya justru jarang membuahkan hasil yang diinginkan. Fokuslah pada satu pekerjaan di satu waktu, satu channel di satu waktu dan satu tujuan di satu waktu.

  1. Tidak memerhatikan channel pemasaran dengan optimal

Ini juga sering sekali terjadi pada entrepreneur ecommerce baru maupun veteran, mereka tidak mendedikasikan waktu, uang, dan energi yang cukup pada setiap channel marketing. Ini bisa jadi kesalahan yang sangat fatal bagi bisnismu.

Ada banyak cara untuk mendapatkan traffic ke websitemu. Ada banyak sekali channel marketing, namun sebaiknya bijak dalam memilih. Baik itu SEO, SEM, Facebook Ads, Instagram marketing atau apapun itu, mereka membutuhkan usaha keras dan tak sedikit yang harus mengeluarkan uang juga.  Ketika membangun bisnis online, prioritaskan satu channel dalam satu waktu. Ini berarti memilih channel yang dipercaya menjadi channel terbaik untuk bisnismu dan luangkan waktu untuk memahami cara kerja channel tersebut, merencanakan strategi yang tepat, berikan waktu dan uang yang cukup ketika menggunakan channel tersebut agar bisa memberikan hasil yang optimal sesuai ekspektasi.

Membangun bisnis adalah hasil dari kerja keras, dengan adanya artikel ini kamu bisa membangun bisnis online dengan lebih seksama dan penuh pertimbangan. Wujudkan kesuksesan berbisnis online dengan menggunakan jasa pembuatan toko online yang murah dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *