Email Marketing, Alat Marketing Terbaik!

email marketing

Email marketing merupakan salah satu alat pemasaran paling kuat yang tersedia untuk pemasar saat ini. Email marketing sangat penting bagi sebagian bisnis. Tapi email marketing mulai berubah sejak munculnya teknologi baru dan perilaku pengguna yang baru.

Ini bukan berarti bahwa email marketing akan kehilangan nilainya sebagai alat pemasaran, akan tetapi hanya teknik pemasaran dan pendekatan saja yang berubah.

Pesan “perilaku” menjadi lebih penting dan umum

Bagi banyak perusahaan, events dan tangal mendorong email marketing. Subscribers menerima pesan karena pemasar memiliki sebuah penjualan atau newsletter, atau bahkan video baru di YouTube.

Satu bahkan mungkin mengatakan email dikirim untuk memenuhi kebutuhan pemasar, sebuah kebutuhan yang pada akhirnya untuk menjual sesuatu.

Pikirkan tentang hari-hari besar seperti Hari Ibu. Banyak pembeli akan menerima puluhan pesan email yang menawarkan sesuatu yang spesial di Hari Ibu, atau yang lainnya.

Mengingat bahwa pembeli dapat menerima begitu banyak pesan email tersebut, kemungkinan akan sulit untuk bersaing dengan yang lainnya.

Banyak pemasar telah beralih dari pendekatan ini, dari mengirim email berdasarkan perilaku pengguna menjadi mendukung perilaku pengguna.

Misalnya, sebuah toko online yang menjual peralatan pancing. Perusahaan akan mempromosikan bisnisnya melalui channel khusus memancing di YouTube dengan email series “10 hari menguasai teknik memancing yang hebat” untuk mempromosikan setiap episodenya. Bahkan terdapat link dalam deskripsi YouTube yang mengarahkan pengguna ke halaman pendaftaran email series.

Ketika pelanggan mendaftar untuk email series, sebuah “perilaku” dalam konteks ini adalah mengirimkan email selamat datang. Kemudian setiap hari pesan baru dari series akan dikirimkan untuk mereka. Ini mencakup bagian tubuh dari email, dan links ke sumber daya dan video terkait. Jika penerima tidak membuka email dalam waktu 12 jam, yang merupakan “perilaku” lainnya, pesan pengingat akan dikirim. Pada akhir sesi, pelanggan akan menerima sertifikat dan sebuah kupon.

Perhatikan bahwa dalam contoh pesan diatas, pesan yang dikirim tidak direspon beberapa tanggal di kalender, tapi sesuai dengan tindakan penerima. Banyak perusahaan yang telah menggunakan pendekatan ini. Tapi itu mungkin akan menjadi lebih umum dan lebih penting.

Data pelanggan dan personalisasi akan semakin menentukan konten

Terlepas dari apakah email marketing dikirim karena suatu events atau actions tertentu, berharap bahwa pesan dapat menjadi lebih khusus.

Kita ambil contoh email dari Best Buy dibawah ini. Jika dilihat lebih dekat, kita dapat melihat bahwa pesan ini ditujukan secara khusus untuk seseorang dibagian atas email tersebut. Tapi, ini bukanlah poin utamanya.

1

Inti dari email marketing tersebut adalah bahwa Best Buy mengirimkan email yang relevan dengan pembeli. Dengan kata lain, Best Buy mengumpulkan data pelanggan, informasi tentang pelanggan, dan menentukan email marketing yang relevan dengan data pelanggan tersebut.

Email testing dan optimasi mungkin akan semakin kompleks

Hal yang berkaitan dengan personalisasi adalah perubahan dalam cara melakukan email testing.

Pikirkan tentang A/B test yang banyak digunakan oleh pemasar untuk mengoptimalkan subjek email atau pesan email mereka. Email testing dilakukan untuk menemukan mana yang bekerja dengan baik mana yang tidak. Tapi personalisasi email, terutama personalisasi data-driven, adalah semua tentang bagaimana memperlakukan pelanggan seperti individu, bukan seperti kebanyakan orang.

Tentu saja, email testing masih akan menjadi bagian penting dari email marketing, tapi mungkin akan menjadi faktor yang lebih kompleks dan lebih kuat karena pemasar dapat menguji perilaku pelanggan yang lebih spesifik dan dapat ditindaklanjuti. Menguji apa yang terbaik untuk pelanggan tertentu daripada apa yang terbaik untuk pelanggan khusus.

Email templates akan dioptimalkan untuk mobile dan Internet of Things

Kebanyakan pesan email yang dikirimkan saat ini dibaca melalui perangkat mobile. Ada sejumlah studi terbaru yang menunjukkan fakta lain betapa pentingnya platform mobile untuk email.

Sebagai contoh, dilaporkan bahwa 75 persen dari 900 juta pengguna Gmail mengakses akun mereka pada perangkat mobile. Secara terpisah, Moveable Ink, sebuah perusahaan content dan marketing, memperkirakan bahwa 66 persen dari seluruh email di US saat ini setidaknya dibuka melalui perangkat mobile.

Meskipun beberapa pemasar sedikit terlambat untuk beradaptasi, tapi email template saat ini harus mobile first.

Sementara itu, yang disebut dengan Internet of Things dapat bedampak pada bagaimana pesan email marketing ditampilkan. Misalnya, beberapa orang percaya bahwa Apple akan menjual lebih dari 22 juta Apel Watches tahun ini. Sementara Apple Watch hanya mendukung email bisa berupa teks tanpa links.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *