Google Analytics Membingungkan? Coba 6 Tools ini

07f73c23-0075-4ded-a82d-b8292bc3b001

Google Analytics saat ini menjadi tools populer dan sangat efektif digunakan oleh semua website atau blogger. Google Analytics tidak hanya populer karena pemakaiannya yang gratis, namun juga karena fitur-fiturnya menawarkan banyak sekali informasi yang akan membantumu mengoptimasi situs, seperti bagaimana visitor menemukan situsmu, lokasi ketika mereka mengakses situsmu, dan juga informasi demografik tentang mereka.

Tapi, Google Analytics mungkin bukan tools yang tepat untuk semua orang. Kelemahan utama Google Analytics adalah keterlambatan informasi sekitar 12 jam atau bahkan lebih, sehingga membuat informasi yang kamu terima tidak real-time. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Google Analytics juga kurang menjadi tools yang sesuai untuk SEO. Jika kamu sedang mencari tools alternatif, berikut ini ada beberapa tools yang bisa kamu temukan dengan mudah di internet.

  1. ChartBeat

Ingin tools yang baru dan menarik? Kamu bisa mencoba Chartbeat, salah satu poin utama penjualan: kamu memiliki akses data yang real time!

Ketika kamu mendaftar di Chartbeat, kamu akan melihat dua dashboards: dashboard yang real time, dan dashboard yang berisi data-data historical. Dashboard yang real time memiliki banya sekali fitur-fitur yang unik dan rapi, seperti scroll mapping, page density, the reading and idle visits, monitoring movement, dan bahkan retweet dan metriks brand.

Bulan pertama pemakaian Chartbeat tidak akan dikenakan biaya apapun, tapi setelah itu kamu harus mulai membayar 10$ per bulan. Dengan harga semurah itu, kamu bisa mendapatkan sangat banyak data yang kaya dan detail.

  1. Mint

Tools analisis Mint sangat menyegarkan sesuai namanya. Untuk memulai, kamu harus membayar sekitar 30$ untuk lisensi situs, namun kamu akan mendapatkan fitur yang tidak ada dalam Google Analytics. Contohnya, kamu akan mendapat “Birdfeeder”, fitur statistik feed subscription dan bisa klik keseluruhan dalam satu lokasi. Pembagian dalam fitur pencarian dari pencarian regular dan pencarian Google Image juga dibuat sangat jelas tanpa harus dipusingkan dengan berbagai filter.

  1. Woopra

Dari semua tools analisis alternative yang ada, Woopra adalah tools yang memiliki antar muka yang paling keren. Ternyata, tools ini dikembangkan oleh mantan karyawan Google.

Tools ini memberikan data melalui API, dan bisa diakses di semua platform. Semua data disajikan secara langsung, dan kamu bisa berbicara langsung dengan visitor situsmu. Kamu bisa mengatur angka dari berbagai target, dan jika kamu memiliki website atau blog yang menjual barang, maka kamu bisa menerima notifikasi ketika visitor sedanga klik tombol “beli”. Ada juga fitur live chat untuk konsumen yang sangat bermanfaat bagi user baru.

  1. Reinvigorate

Reinvigorate menjadi favorit bagi para penggunanya. Jika kamu memiliki JavaScript yang sudah terinstall, maka kamu bisa melihat visitor yang sedang mengunjungi situsmu atau blogmu secara real time! Tools satu ini memang juaranya untuk masalah real time. Ada target yang bisa kamu atur-atur di Reinvigotare dan akan selalu menotifikasimu segera ketika ada visitor yang menekan tombol aksi yang kamu pasang, seperti tombol “beli sekarang” seperti fitur Woopra.

Fitur lainya yang sangat menarik adalah teknologi “Heatmapping”, jadi kamu bisa melihat semua informasi dalam 2D. Sangat cocok untuk dicoba.

  1. Clicky

Clicky adalah tools menarik lainnya yang sangat real time dan bisa memonitor berbagai hal berbeda, seperti perhitungan followers Twitter dan kamu bahkan bisa memiliki versi “on-the-go” dalam iPhonemu.

Tools ini bisa gratis dan bisa berbayar. Gratis hanya jika website memiliki kurang dari 300 pageviews, namun jika lebih kamu akan dikenakan biaya yang tentunya masih terjangkau. Jika kamu baru dalam dunia analisis web, tools ini sangat cocok digunakan oleh pemula yang sedang belajar tentang pengukuran website.

  1. Piwik

Piwik adalah tools analisis yang full open source dan mulai naik daun, terutaa sejak banyak institusi perusahaan yang tidak lagi menggunakan Google Analytics. Piwik memiliki basis bahasa pemograman PHP dan MySQL, sehingga tidak akan jadi masalah bagi pengguna website

Antar muka Piwik sangat mudah digunakan dan berbasis website. Webmaster dan bloggers juga sudah disuport dengan berbagai macam plugin sehingga membuat instalasi menjadi jauh lebih mudah. Piwik juga sangat cepat saat memuat layar jadi kamu tidak perlu menunggu lama seperti saat sedang membuka Google Analytics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *