Ini Dia 10 Tools Sosial Media Untuk Online Marketing

Sosial Media Tools

Di jaman dulu, mungkin bisnis adalah semua tentang lokasi, lokasi, dan lokasi. Tapi di jaman serba modern seperti sekarang ini, bisnis tidak lagi bergantung pada jarak dan lokasi karena hanya dengan bermodal internet kita bisa memulai sebuah bisnis, yaitu bisnis online.

Dalam bisnis online, kunci dari keberhasilan adalah online marketing, yaitu seberapa banyak kita bisa mendapatkan audiens dan membangun basis pelanggan dari media sosial. Tanpa itu, jangan berharap bisnis online akan sukses. Untungnya, ada banyak sekali tools di luar sana yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan keberhasilan bisnis online. Berikut adalah 10 tools sosial media terbaik:

1. CoSchedule

CoSchedule adalah platform editorial blog dengan built-in sosial media sharing, semua tersedia dengan drag-and-drop style calendar. Ketika kita mengubah tanggal penerbitan konten, maka semua tanggal penerbitan pada sosial media juga akan diperbaharui. Tools ini terintegrasi dengan Buffer dan WordPress, menjadikannya sebagai tools penting untuk berbagi konten di sosial media.

2. Buffer

Berbicara tentang Buffer, ini adalah tools yang cukup bermanfaat untuk penjadwalan konten. Terintegrasi dengan LinkedIn, Twitter, Facebook, dan masih banyak lagi, membuat kita bisa dengan mudah menjadwalkan konten untuk dibagikan ke semua sosial media sekaligus atau beberapa secara otomatis. Ada juga browser plugin yang memungkinkan kita untuk menambahkan berbagai halaman web ke Buffer sharing queue, kita bisa mengisi akun profil sosial dengan konten yang konsisten.

3. Flare

Flare sharing bar memungkinkan pembaca untuk membagikan konten kita dengan mudah ke teman-teman mereka di sosial media. Tidak hanya bisa berbagi dengan hanya satu klik, tools ini juga menunjukkan berapa kali konten kita telah dibagikan di berbagai situs sosial media. Tools ini bisa menjadi bukti sosial media yang kuat untuk mendorong pembaca lainnya agar berbagai artikel kita ke akun mereka sendiri. Semakin banyak konten kita dibagikan, maka semakin besar peluang kita dikenal oleh banyak orang.

4. Narrow

Narrow adalah tools untuk membangun following tertarget di Twitter. Gunakan tools ini untuk mengotomatisasi beberapa interaksi Twitter, menghemat waktu sementara kita juga masih bisa terlibat langsung dengan following kita. Tools ini secara otomatis unfollows orang-orang yang tidak follow kita kembali. Dengan following dari pengguna yang sebenarnya menggunakan produk atau jasa kita, Narrow membantu membangun audiens dengan cara yang terbaik.

5. Hootsuite

Hootsuite adalah tools sosial media lainnya yang sangat membantu untuk mengelola hingga 100 profil akun sosial, baik untuk membuat posting pesan baru dan menanggapi interaksi. Hootsuite memungkinkan kita untuk menjadwalkan sosial sharing, monitor akun dan mengukur petumbuhan sosial media kita dari waktu ke waktu. Tools ini juga memiliki auto-scheduler yang secara otomatis memilih waktu posting dengan peluang interaksi tertinggi.

6. Topsy

Jika ingin berfokus pada Twitter, Topsy mungkin bisa menjadi tools utama untuk digunakan. Kita bisa menggunakan tools ini untuk mencari tahu topik atau perusahaan, mencari tweet tentang mereka dan tweet yang mereka kirimkan, dan menentukan berapa kali tweet mereka dibagikan.

7. Bit.ly

Di sosial media, tidak ada pengguna yang ingin melihat teks link yang terlalu panjang. Pada beberapa situs ada beberapa yang memiliki jumlah karakter yang terbatas, contohnya seperti pada Twitter. Bit.ly hadir sebagai solusi untuk memperpendek link yang panjang, selain itu juga bisa digunakan untuk menganalisis berapa kali link tersebut diklik, dan oleh siapa saja.

8. Source Metrics

Tools ini adalah pilihan yang bagus bagi retailers dan e-tailers yang mencari tahu untuk memahami bagaimana sosial media bisa berdampak pada hasil penjualan mereka. Campaign analytics membantu keduanya (bisnis online atau offline) untuk mengetahui dari mana pelanggan berasal sebagai hasil dari sosial media campaigns.

Source Metrics bisa membantu kita untuk memahami konversi pada semua toko. Misalnya, lokasi tertentu, kota, dan masih banyak lagi. Tools ini juga terintegrasi dengan semua ecommerce solutions, yang memberikan informasi di mana pun kita membutuhkannya.

9. SlideShare

SlideShare adalah tools yang hebat untuk membuat konten untuk berbagai jenis audiens. Demografis utama di situs pada B2B adalah pengguna selalu mencari konten yang berkualitas tinggi. Banyak pengguna cukup membuat konten pada SlideShare menggunakan repurposing dari presentasi yang ada.

10. Social Mention

Untuk pencarian real-time dan analisis sosial media, tidak ada yang lebih baik dari Social Mention. Tools ini tidak hanya menampilkan hasil dari berbagai topik, tetapi juga memiliki short list di bawah bar pencarian utama yang menunjukkan tren sosial media pada waktu tertentu. Selain menawarkan analisis sentimen, Social Mention juga memberikan wawasan penelitian dari berbagai platform, termasuk Facebook, WordPress blogs, Twitter, YouTube, Ask.com dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi sukses dalam usaha apapun, kita harus memiliki tools yang tepat. Dengan 10 tools di atas kita bisa memposisikan bisnis online di lokasi yang tepat, menawarkan konten yang tepat, dan dengan orang yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *