Ini Dia 4 Elemen Penting dalam Website Bisnis yang Sering Dilupakan

laptop-on-work-desk

Kapan terakhir kali kamu mengunjungi sebuah website dan beberapa detik kemudian langsung menutupnya? Tak diragukan lagi itu merupakan salah satu contoh sebuah website bisnis yang buruk.

Situs web yang baik menjadi kunci untuk menarik dan meningkatkan jumlah visitor, dan sekarang ini sudah banyak tools yang tersedia seperti Squarespace, Wix, Weebly untuk membuat website yang menarik dan mobile-friendly dengan mudah dan cepat. Masalahnya, sebuah sumber daya yang besar juga akan  memberikan masalah yang besar, bagaimana membuat sebuah website itu menjadi yang paling terpercaya dan memiliki reputasi yang baik? Konsumen atau user selalu menginginkan nilai otentik dalam sebuah website bisnis, dan cara terbaiknya adalah dengan selalu menunjukan bahwa brandmu terpercaya dan kredibel. Berikut ini ada empat elemen kunci yang sangat mudah namun sering kali dilewatkan oleh beberapa perusahaan.

  1. Informasi kontak

Ketika semua informasi dengan mudah didapat melalui internet, jangan pernah hal ini sampai kamu lewatkan. Konsumen/user tentu sangat ingin tahu bahwa sebuah website yang mereka kunjungi adalah bisnis yang nyata dan memiliki lokasi yang benar. Menyantumkan alamat kantor, kontak yang bisa dihubungi dan alamat email adalah salah satu cara untuk membuat brandmu dipercaya.

Visitor website juga tentu ingin menemukan informasi kontakmu dengan mudah. Jadi tuliskan semua informasi itu dengan jelas, font yang mudah dibaca, dan tentunya letakkan di posisi yang mudah ditemukan, serta link akun media sosial yang dimiliki. Posisikan semuanya pada bagian footer di setiap page website. Jika kamu membuat halaman kontak yang terpisah, buatlah menjadi mudah ditemukan dengan tombol navigasi yang simpel.

  1. Tentang Perusahaan

Faktor penting lainnya yang dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas sebuah website brand adalah dengan mencantumkan informasi tentang perusahaan, dan tim yang ada di baliknya. Lima puluh dua responden survey mengaku bahwa bagian “About / Company Information” adalah informasi yang paling mereka ingin ketahui dari homepage dan mampu memberikan nilai kredibilitas.

Luangkan waktu untuk merancang sebuah ringkasan tentang perusahaan dan berikan visitormu informasi latar belakang, sejarah dan mungkin bahkan kisah personal dari setiap pimpinan dalam divisi. Sertakan link website profesional mereka, seperti LinkedIn dan Twitter, dengan foto resolusi tinggi tentunya (sebaiknya kamu pertimbangkan untuk menggunakan fotografer untuk mendapatkan foto yang profesional).

Elemen lain yang mampu menambah kredibilitas adalah dengan mempublish daftar klien dan testimonial dari mereka. Mungkin dalam beberapa situasi hal ini sulit dilakukan, namun tidak ada hal yang bisa menambah value dan kredibilitas perusahaan selain daftar panjang dari klien yang puas dan bahagia.

  1. Konten yang tepat 

Banyak pengusaha bisnis yang percaya bahwa dengan interaksi di media sosial dan secara rutin mengupdate post di blog adalah kunci untuk melakukan konversi pada klien. Meskipun itu adalah strategi yang bermanfaat, sebuah survey justru menemukan bahwa video, aktivitas media sosial dan posting di blog justru menduduki peringkat terbawah dalam jajaran aset konten yang meningkatkan kredibilitas.

Justru sebaiknya fokus pada usaha marketing dengan membuat studi kasus, laporan penelitian dan artikel yang bisa memberikan nilai lebih pada kredibilitasmu sebagai ahli dalam industri yang digeluti. Sering-seringlah menulis dan mengkaji feedback dari konsumen. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika akan membuat konten yang fresh dan relevan seperti yang mereka inginkan.

  1. Keep it simple

Ketika bisnis terus berubah menjadi strategi yang mengutamakan urusan mobile, sebuah survey menemukan bahwa sekarang, paling tidak pada perusahaan bisnis B-to-B, 61 persen responden mengindikasikan bahwa website yang mobile-friendly tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Meskipun gitu, perusahaan sebaiknya tidak kemudian mengesampingkan strategi mobile. Tapi, pebisnis sebaiknya melakukan pendekatan pada strategi mobile dan website dengan satu jurus, buatlah tetap sederhana. Pertimbangkan idealismemu dengan mengutamakan hanya pada apa yang visitor butuhkan.

Dengan meningkatnya visitor website dan banyaknya orang yang menikmati konten secara mobile, kita akan mengharapkan experience yang sama baik dari website dan mobile. Navigasi yang mudah dan simpel serta desain yang responsif saja ternyata belum cukup, bagaimanapun, sebuah website bisnis harus lebih mengandalkan pada menciptakan dan membangun otentisitas untuk menarik dan mengkonversi visitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *