Ini Dia Panduan Lengkap Memulai Bisnis Dropship

dropship

Apa itu dropship?

Dropship atau drop shipping adalah model bisnis online di mana produk yang dijual dikirimkan langsung dari supplier ke pelanggan tanpa melalui pengecer. Sistem dropship berbeda dengan sistem Reseller yang mengharuskan penjual/pengecer untuk membeli produk kepada supplier untuk stok, kemudian dijual lagi konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang.

Untuk lebih memahami apa itu sistem dropship, berikut adalah proses pembelian biasa tanpa drop shipper.

1. Pengecer memesan beberapa produk dalam jumlah banyak dari supplier

2. Pengecer menyimpan produk di gudang atau tempat penyimpanan lainnya

3. Pelanggan memesan produk melalui pengecer

4. Pengecer menerima pesanan dari pelanggan

5. Pengecer mengemas dan mengirimkan produk kepada pelanggan

6. Pelanggan menerima produk yang mereka pesan

7. Pengecer terus melakukan re-stokcking sebagai persediaan

Sedangkan jika menggunakan model dropship, prosesnya akan sebagai berikut:

1. Pelanggan memesan produk melalui drop shipper

2. Drop shipper meneruskan informasi pesanan pelanggan ke supplier, yang memiliki produk

3. Supplier mengemas dan mengirimkan produk langsung ke pelanggan atas nama pengecer

4. Pelanggan menerima produk yang mereka pesan

Apa keuntungan dari dropship?

Keuntungan utama dari dropship adalah kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, tenaga, waktu, pengemasan dan pengiriman produk. Berikut adalah beberapa kelebihan dari dropship:

1. Tanpa modal besar

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bisnis dropship tidak membutuhkan modal yang besar. Kita bisa menjual produk secara online melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, BBM, Kaskus, atau yang lainnya. Karena hampir semua media sosial itu gratis, maka kita hanya perlu mengeluarkan biaya untuk Internet.

2. Praktis

Sebagai seorang dropshipper, kita tidak perlu berurusan dengan proses pengadaan barang, pengemasan, dan proses pengiriman ke konsumen, karena semua itu telah menjadi tanggung jawab dari supplier. Tugas kita hanya di depan laptop/smartphone untuk menjual produk yang ada.

3. Fleksibel

Bisnis dropship fleksibel, artinya bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja, syaratnya kita hanya perlu koneksi internet dan laptop/gadget. Selain itu komunikasi kita dengan supplier tetap bisa berjalan dengan baik secara online menggunakan email, chatting, dan media sosial.

4. Tidak membutuhkan biaya operasional yang besar

Tidak seperti bisnis konvensional pada umumnya yang membutuhkan biaya operasional besar, bisnis dropship bisa dijalankan dengan biaya operasional yang sangat rendah, atau bahkan tanpa biaya opersional.

Bagaimana cara memilih supplier untuk bisnis dropship?

Jika kita telah memutuskan untuk memulai bisnis dropship, tapi tidak tahu bagaimana menemukan supplier yang tepat, berikut kami akan memberikan tipsnya.

1. Pilihlah supplier dari wholesale atau grosiran. Biasanya penjual grosir tidak terlalu mengambil untung besar dari setiap barang, melainkan dari kuantitas atau banyaknya jumlah barang yang dijual.

2. Pastikan memilih supplier yang memiliki sistem yang jelas, mulai dari pemesanan, pengecekan barang, konfirmasi pembelian, hingga proses pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen.

3. Pilih supplier yang mudah dihubungi dan memiliki alamat yang valid (bukan fiktif).

Berbekal kesabaran dan sedikit pengetahuan, kita dapat memanfaatkan bisnis dropship sebagai salah satu pilihan untuk membangun bisnis online yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *