Inilah 4 Pilar dalam Membuat Desain Web yang Keren!

b

Jaman sekarang, hampir semua orang pasti memiliki website, mulai dari brand besar hingga bahkan adikmu yang berumur 13 tahun. Ini merupakan era di mana semua orang akan menggunakan Internet untuk menyelesaikan semua masalah mereka, dan memiliki desain web yang baik menjadi salah satu hal wajib bagi kebanyakan bisnis saat ini.
Tapi sayangnya, bahkan pebisnis handalpun masih ada yang sering menghadapi kendala saat berbicara tentang website mereka. Mengelola website bukanlah hal yang mudah memang, kamu pasti pada awalnya kebingungan saat memikirkan konten apa saja yang harus ditampilkan dalam homepage, bagaimana cara membuat halaman About us, dan tentunya mengkonversi visitor web menjadi pelanggan.

Desain web yang kuat akan memberikan value lebih pada bisnismu tidak hanya dilihat dari sudut pandang estetika, tetapi juga akan membuat calon pelanggan melihat brandmu muncul dalam mesin pencari seperti Google dan Bing. Website yang baik juga sebaiknya merefleksikan kepribadian brandmu dan, idealnya harus bisa menghubungkan brand dengan pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Berikut ini ada 4 poin kunci yang sebaiknya diperhatikan saat mendesain sebuah website. Silakan disimak:

  1. Pernyataan yang benefit-oriented

sir-kens

Website: Sir Kensington’s

Beri penjelasan tentang produkmu tentang hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana produkmu bisa membuat hidup pelanggan lebih baik. Kamu harus mengetahui luar-dalam tentang produk atau servis yang ditawarkan, bagaimana kamu bisa menjelaskan bahwa produkmu adalah solusi yang tepat bagi mereka. Jangan hanya membuat copywriting yang keren tanpa tahu kegunaannya bagi calon pelanggan.  Dengan menginformaskan pada calon pelanggan bahwa produkmu bisa menyelesaikan semua masalah di hidup mereka, brandmu akan jauh menjadi lebih menarik di mata mereka.

nike

Website: Nike

  1. Tombol Aksi (CTA) yang Jelas

cta

Website: Dropbox

Tentukan kata aksi apa yang ingin kamu cantumkan dalam halaman depan (atau halaman website manamu) dan tentunya letakkan di spot yang terjangkau mata visitor. Sebaiknya jangan buat terlalu banyak pilihan/opsi.

Apapun pilihannya yang ingin kamu berikan ke pelanggan, misalnya purchase, sign-up, order now, masukkan alamat email, phone number, kamu harus merancangnya dengan jelas tentang aksi yang harus mereka lakukan, dan, yang terpenting, jangan pernah malu untuk meminta mereka melakukannya.

  1. SEO friendly

Salah satu alasan terbesar dari memiliki website adalah peran website yang serupa seperti toko online bagi produkmu. Kamu ingin menarik pelanggan baru ke situsmu, membuat mereka tahu tentang produkmu dan kemudian membelinya. Cara terbaik untuk menuntun calon pelanggan mengunjung situsmu adalah dengan fokus pada teknik optimasi mesin pencari (SEO). Ini adalah teknik dasar yang harus diterapkan agar mesin pencari seperti Google akan mengenali situsmu dan menyertakan alamat situsmu dalam hasil pencarian ketika ada seseorang mencari solusi yang serupa dengan yang brandmu tawarkan.

Kuncinya adalah dengan mengetahui kata-kata (keyword) yang biasanya digunakan pelanggan ketika melakukan pencarian. Gunakan situs seperti Wordtracker untuk mengetahui keyword yang diketikkan dalam mesin pencari agar kamu bisa menyertakan keyword tersebut ke dalam website. Pilih beberapa kata kunci yang sesuai dengan produk atau jasamu dan gunakan keyword tersebut dalam konten website seperti headline, copy dan teks. Namun harus diingat juga agar mesin pencari mengetahui bahwa bisnismu aktif dan serius, kamu harus selalu mengupdate websitemu dengan konten-konten yang fresh dan bermanfaat secara rutin. Tidak perlu diupdate setiap hari, kamu cukup tentukan frekuensinya dan secara konsisten melakukannya.

  1. Selalu letakkan konten utama above the fold

Cantumkan informasi paling penting “above the fold”. Maksudnya adalah area porsi dari websitemu yang paling sering dilihat oleh visitor di komputer atau tablet mereka tanpa harus melakukan scrolling. Visitor akan jarang sekali mengakses bagian websitemu hingga halaman yang terbawah, oleh karena itu letakkan poin pertama, kedua, ditambah gambar-gambar penting di bagian atas website. Agar juga bisa diakses melalui tablet, buat hingga batasan 550 pixels tall.

Mungkin ini terdengar kuno dan berpikir bahwa semua orang di jaman sekarang pasti akan melakukan scrolling. Hal itu memang benar, tapi kamu harus bisa memberikan alasan kuat agar visitormu ingin menggulirkan hingga halaman terbawah website. Jika kamu tidak bisa memulainya dengan kesan yang kuat, mereka tidak akan mau untuk mengetahui lebih lanjut dan meninggalkan situs websitemu.

Setelah kamu mengetahui empat poin utama untuk membuat sebuah desain web yang keren, jangan ragu untuk melatihnya di halaman web-mu sendiri. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *