Inilah 6 Tools Alternatif Selain Google Analytics

Hand drawing colorful graphics on black paper

Google Analytics adalah tools yang luar biasa, namun ada banyak program serupa yang juga menawarkan fitur-fitur yang tak kalah keren. Ada banyak alternatif tools yang bisa kamu gunakan untuk kampanye internet marketing selain Google Analytics yang bahkan jauh lebih menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut ini adalah 6 tools terbaik di antaranya:

  1. Woopra

Salah satu hal terbaik yang bisa tawarkan Woopra adalah statistik yang real time! Kamu tidak harus menunggu berjam-jam layaknya Google Analytics. Ada program yang bisa memberikanmu hasil statistik dengan seketika ketika ada status tertentu yang terjadi di website dan halaman websitemu.

Woopra juga memiliki UI yang sangat menarik sehingga mudah digunakan dan dinavigasikan. Tak peduli apakah kamu pemula atau sudah ahli, Woopra bisa digunakan siapa saja. Program ini memiliki beberapa fitur spesial seperti: desktop client, deep segmentation, visitor tagging, dan bahkan mereka menyediakan fitur live chat. Platform ini tersedia dalam dua jenis, gratis dan berbayar. Kamu akan bisa menggunakan Woopra gratis jika websitemu memiliki kurang dari 30,000 page view per bulannya dan jika lebih akan dikenakan biaya sekitar $5-$20 USD per bulannya.

  1. StatCounter

StatCounter sudah mulai menjadi platform populer saat ini dan telah menjadi salah satu alternatif Google Analytics terbaik meskipun tidak serapih dan seindah tools lainnya. Sama-sama menawarkan statistik yang real-time, StatCounter memiliki antar muka yang tegas dan mudah dimengerti. Dan tentunya GRATIS. Meskipun ada paket premium dan harus membayar namun keseluruhan semua paketnya bebas biaya.  Ini bisa menjadi salah satu tools pelengkap yang akan sangat bermanfaat untukmu.

  1. Mint

Tools satu ini menawarkan fitur yang serupa dengan program analisis lainnya. Mereka benar-benar menawarkanmu apa yang kamu butuhkan dan Mint mampu memberikan data yang relevan tentang websitemu. Kamu bisa memilih menggunakan “Peppers”, sebuah plugin yang bisa memberikan informasi statistik yang mendalam dan berbeda serta bisa digunakan di iPhone. Tools satu ini meskipun tidak gratis namun memiliki harga yang cukup terjangkau dengan semua fitur yang ditawarkan untuk analisis websitemu.

  1. Clicky

Yang satu ini sangat ramah bahkan untuk pemula sekalipun. Dashboardnya menampilkan overview core data yang sangat komprehensif seperti jumlah visitor, aksi yang dilakukan visitor, bounce rate, top search, dan top konten. Sangat mudah dinavigasikan sehingga kamu dapat dengan cepat menggali statistik lainnya.

Fitur yang paling menarik adalah Clicky menghitung bounce rate bebeda dari program-program lainnya. Program ini mengamati setiap visitor yang menghabiskan lebih dari 30 detik melihat halaman websitemu sebagai true visitor dan tidak menganggap mereka sebagai “bounce”, bahkan ketika mereka tidak membuka halaman lain websitemu.

  1. Piwik

Ini adalah tools yang sangat bagus, mudah digunakan dan diinstal, sekaligus gratis! Jika kamu pernah melihat Piwik dan pernah melihat antar muka yang mirip di Google Analytics atau Woopra, mungkin kamu akan sedikit kecewa pada awalnya. Meskipun tidak terlalu wah, namun sangat mudah dijalankan, data sangat mudah ditemukan dan dimengerti, dan kamu bisa dengan mudah mengatur target untuk tracking performa. Dashboardnya bisa diatur sesuai keinginan dan mereka juga menawarkan banyak sekali plugin yang bisa kamu tambahkan.

  1. Reinvigorate

Sama seperti Woopra, Reinvigorate adalah tools yang sangat  bagus tampilannya. Sangat stylish, didesain dengan baik, dan tentunya dapat melacak semua hasil analisis dengan real-time. Mereka juga menawarkan fitur heatmap yang belum ada di program-program lainnya. Heatmap membuatmu dengan mudah melihat beberapa bagian dari situs yang benar-benar digemari visitor, dan bagian mana yang lebih tidak diperhatikan oleh visitormu. Reinvigorate memiliki fitur menarik lainnya, seperti kemampuannya untuk mengidentifikasi user yang sudah mendaftar berdasarkan nama, mengetahui perilaku user, dan menyediakan plugin WordPRess yang membuat instalasi menjadi lebih mudah.

Google Analytics memang tools yang sangat bermanfaat untuk analisis internet marketing melalui website, namun ternyata ada banyak alternatif yang tak kalah menarik dan akurat yang bisa kamu coba secara cuma-cuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *