Mau Marketing Tanpa Budget? Pakai Twitter untuk Bisnis

 

Young businessman prepare to start drawing concept. Isolated on white.

 

Mungkin ini sudah menjadi rahasia umum bahwa kamu sebenarnya bisa mengembangkan bisnis melalui Twitter. Seperti yang diketahui bersama, jika kamu ingin menarik calon konsumen dan klien, kamu perlu untuk melambungkan brand/nama perusahaanmu terlebih dahulu serta berinteraksi dengan orang lain. Media sosial adalah solusinya.

Namun sayangnya banyak perusahaan yang belum tahu bagaimana memanfaatkan Twitter untuk berbisnis. Padahal, melalui Twitter kamu sama seperti sedang ngobrol tatap muka dengan konsumenmu. Ya mungkin memang sedikit berbeda, karena ngobrolnya digital, namun memiliki keuntungan yang sama. Sebelum lebih jauh lagi, kamu bisa melihat akun Twitter @CocaColaCo, memiliki tim yang sangat berdedikasi pada media sosial, meskipun dengan budget iklan yang super besar.

Kenyataannya, tidak semua perusahaan, terutama perusahaan kecil hingga menengah, yang memiliki dana cukup untuk beriklan namun tidak dengan media sosial. Media sosial mampu melintasi semua batas yang sebelumnya tidak bisa kamu lewati. Kamu berpeluang mendapatkan konsumen dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan mungkin dunia.

Twitter is free. Kamu bisa membuat akun Twitter sekarang juga dan menggunakannya untuk bisnis. Tanpa biaya sepeserpun! Twitter bisa dibilang lebih dari sekedar situs media sosial, namun juga perpaduan antara user-friendly dan akses instan menuju konsumen. Lebih penting lagi, ini adalah cara terbaik bagi konsumen untuk berinteraksi denganmu. Ketika mereka mencoba meraihmu, dan kamu meresponnya, mereka akan merasa menjadi konsumen yang penting bagimu.

Selain itu, kamu juga bisa menjangkau calon-calon konsumenmu berikutnya. Ketika mereka memfollow kamu, dan mulai berinteraksi denganmu, jangan  lupa follow back mereka. Tanyakan pendapat mereka tentang produkmu yang mereka beli, atau sekedar ngobrol tentang akhir pekan mereka. Tapi kamu harus ingat, Twitter bukan berarti kamu bisa dengan bebas memborbardir followersmu dengan promosi yang berlebihan. Tak perlu terus menerus mengajak mereka untuk membeli produkmu atau subscribe email dalam website. Kamu tetap bisa melakukan semua hal itu, hanya saja bukan dengan cara seperti ngiklan tradisional.

Memanfaatkan Twitter untuk berbisnis adalah tentang bagaimana kamu bisa berinteraksi dengan konsumen. Sesederhana itu. Jika dalam dunia offline, ada calon konsumen yang datang ke tokomu, kamu tentu tidak mungkin akan meneriaki mereka untuk membeli produkmu, kan?

Pada awalnya kamu harus menyapa terlebih dahulu, menanyakan apakah ada hal yang bisa dibantu, dan mungkin sekedar basa-basi di awal, membicarakan topik yang lagi populer saat itu, dsb. Sama seperti di Twitter. Tidak ada orang yang mau diteriaki. Mereka hanya ingin berinteraksi, berbincang-bincang. Karena sesungguhnya orang-orang dalam Twitter sama seperti orang di dunia nyata.

Hashtag atau tagar juga menjadi cara ampuh untuk menemukan audiens, dan membantu mereka menemukanmu. Jika kamu menjual makanan kucing, maka kamu sebaiknya menambahkan tagar #catfood dalam Tweetmu. Maka jika ada orang yang mencari makanan kucing akan dengan mudah menemukanmu.

Jika kamu bisa berinteraksi dengan baik, kamu tak akan kesulitan menggunakan Twitter. Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *