Pastikan 5 Hal ini Sebelum Membeli Paket Shared Hosting!

hosting_wordpress_themes_img_1

Membeli paket shared hosting tidaklah sekedar mendaftar lalu menggunakan layanan yang ditawarkan penyedia hosting. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda tidak kecewa dengan keputusan Anda.

1. Memilih penyedia dengan bijak

Waspada dengan review bias terhadap suatu penyedia hosting! Terdapat ratusan situs yang menawarkan review “bayaran”, dan seringkali isi review tidak mencerminkan performa asli penyedia tersebut.

2. Bandwidth dan Kapasitas Penyimpanan

Waspada dengan iklan menarik beserta puluhan layanan menarik yang ditawarkan suatu penyedia hosting. Jangan langsung percaya jika suatu hosting menawarkan website builder gratis, add-on domain atau database MySQL tidak terbatas, bandwidth tidak terbatas, dan lain-lain.

Pada hakikatnya, tidak ada penyedia shared hosting yang dapat memberikan bandwidth atau kapasitas penyimpanan tidak terbatas. Jika Anda membaca halaman syarat dan ketentuan mereka, Anda akan menemukan klausa yang menyatakan bahwa penyedia memiliki hak untuk mencabut layanan hosting Anda jika bandwidth yang digunakan oleh akun Anda telah melebihi batas tertentu, atau menyebabkan overload pada server.

Pastikan Anda membaca seluruh klausa pada halaman syarat dan ketentuan lalu menentukan apakah hosting tersebut cocok untuk Anda.

3. Layanan Pelanggan

Dalam menggunakan suatu hosting Anda akan banyak berhubungan dengan tim layanan pelanggan. Untuk itu, pastikan layanan pelanggan hosting tersebut cepat tanggap mengatasi masalah dan dapat diandalkan. Misalnya, selalu menjawab pertanyaan atau pengaduan paling lambat 12 jam setelah dikirim.

4. Add-On Domain

Beberapa penyedia shared hosting membatasi pelanggannya untuk menambahkan add-on domain dengan jumlah tertentu, bahkan ada yang sama sekali tidak membolehkan Anda menambahkan Add-On domain.

5. Jumlah dan Kualitas Template pada Website Builder

Sebagian besar penyedia shared hosting menyediakan website builder secara gratis. Perlu Anda cek juga seberapa banyak template yang disediakan beserta kualitasnya. 5-10 template gratis namun berkualitas buruk bukanlah pilihan yang baik. Pastikan kualitas template yang disediakan sesuai dengan biaya yang Anda keluarkan.

Pertimbangkan kelima hal tersebut sebelum kamu memilih hosting untuk paket shared hosting, tentunya sesuaikan juga dengan aktivitas traffic website Anda. Jangan sampai visitor harus mengalami downtime hanya karena ingin menghemat biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *