Pemasaran Nama Domain, Sebuah Era Baru untuk Bisnis Anda

Picture Source : Google
Picture Source : Google

Fenomena Generic Top Level Domain (gTLD) sebagai sebuah tools pemasaran baru-baru ini sedang menanjak. Hal ini dipicu oleh berita bahwa raksasa e-commerce Amazon dikabarkan telah memenangkan lelang di ICANN untuk mendapatkan hak menjalankan nama domain .book serta domain .pay. Dengan perkiraan bahwa untuk domain .book saja mungkin menelan biaya hingga US$ 10 juta kemudian ditambahkan dengan US$ 4,6 juta yang baru-baru ini juga dibayarkan untuk nama domain .buy dan US$ 2,2 juta yang dibayar untuk .spot, Amazon jelas telah melakukan investasi besar-besaran terhadap gTLD, tapi mengapa Amazon berani melakukan hal tersebut? Penjelasan berikut mungkin bisa membantu Anda menemukan jawabannya.

Target Pemasaran

Jawaban yang paling jelas adalah pemasaran. Dengan status Amazon sebagai pemimpim bisnis e-commerce global, sangat masuk akal bagi mereka untuk menjadi perintis penggunaan domain yang benar-benar menggambarkan karakter bisnis mereka yaitu sebagai ‘rumah’ dari buku di seluruh dunia. Mungkin masih banyak dari kita yang berpikir bagaimana bisa nama domain seperti ini akan berguna untuk orang-orang? Beberapa beranggapan bahwa domain ini dapat digunakan nantinya untuk para penulis, baik penulis senior maupun pemula. Seperti untuk melayani halaman profil setiap penulis dan juga sumber informasi dari setiap buku yang dirilis. Tentu hal ini adalah sebuah tools pemasaran yang hebat untuk Amazon sebagai penerbit dan retailer buku terbesar di dunia.

Memiliki Lebih dari Satu Domain Dapat Meningkatkan Keuntungan

Pemasaran nama domain adalah tentang memilih domain yang tepat untuk sebuah bisnis. Itulah sebabnya Amazon telah melakukan investasi dalam domain .buy, .spot, .book dan masih banyak lagi. Apapun jenis bisnisnya, selalu ada kemungkinan untuk beroperasi setidaknya dalam dua atau tiga bidang, karena hal ini penting untuk target pasar yang berbeda pula. Dengan pemasaran nama domain, kita akan dapat menyentuh semua target pasar dengan baik.

Lebih Banyak Perubahan pada SEO

Google dan mesin pencari lainnya belum benar-benar menyarankan bagaimana mereka akan merespon gTLD, tapi lambat laun mereka harus mulai mengakui dampak dari nama domain ini pada cara orang dalam melakukan bisnis, baik dari sisi pelanggan maupun sisi bisnis itu sendiri.

Era pemasaran nama domain mungkin memang belum sepenuhnya dimulai, hanya segelintir bisnis yang sudah mulai menggunakannya. Namun jika bisnis yang Anda jalankan terus menunjukkan perkembangan signifikan dan ingin meraup lebih banyak target pasar, maka tidak ada salahnya Anda menjadi bagian dari era ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *