Pentingnya Menggunakan Aplikasi Perpesanan Untuk Bisnis

facebook-messenger

Pesan mobile terus meningkat setiap tahunnya. Menurut eMarketerm, lebih dari 1,4 miliar orang menggunakan aplikasi perpesanan mobile pada tahun 2016, ini meningkat hampir 16 persen dari tahun 2015. Menurut Survei Facebook Messaging oleh Nielsen, 59 persen orang sekarang menggunakan aplikasi pesan lebih banyak daripada yang mereka lakukan dua tahun yang lalu. Jika Anda berpikir bahwa aplikasi perpesanan hanya untuk mengobrol dengan teman, perhatikan: 59 persen responden terhadap survei Nielsen mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi perpesanan untuk terhubung dengan teman dan keluarga, 67 persen diantaranya mengatakan bahwa mereka berharap dapat menggunakan pesan lebih banyak untuk berkomunikasi dengan sebuah bisnis.

Apa Itu Aplikasi Perpesanan?

Aplikasi Perpesanan atau Messenger memungkinkan pengguna saling memberi pesan satu sama lain, baik satu lawan satu maupun berkelompok. Aplikasi perpesanan terkadang juga disebut aplikasi chat. WhatsApp, Facebook Messenger, dan WeChat adalah salah satu aplikasi messenger yang paling populer. Aplikasi ini pada dasarnya adalah bentuk teks baru yang menggunakan aplikasi antarmuka dan internet untuk mengirim pesan, bukan hanya layanan SMS tradisional. Ini adalah cara bagi orang-orang untuk tetap berhubungan tanpa membayar biaya SMS, yang bisa sangat mahal di belahan dunia manapun. Beberapa layanan ini berdiri sendiri (misalnya WhatsApp), sedangkan beberapa lainnya terhubung ke jejaring sosial (misalnya Facebook Messenger dan Instagram Direct).

Mengapa Anda Harus Menggunakan Aplikasi Perpesanan Untuk Bisnis?

Cukup sederhana, bisnis Anda harus menggunakan aplikasi messenger karena pelanggan Anda menggunakannya dan mereka berharap dapat menemukan bisnis Anda di sana. Menurut Business Insider, empat aplikasi teratas sekarang memiliki basis pengguna gabungan yang lebih besar daripada empat jaringan sosial teratas. Dan lebih dari separuh responden dari survei Nielsen mengatakan bahwa mereka lebih cenderung berbelanja dengan bisnis yang bisa mereka pesan secara langsung.

Pesan sangat penting jika Anda memasarkan ke pelanggan di kawasan Asia Pasifik, dimana lebih dari separuh pengguna aplikasi pengolahan pesan di seluruh dunia dapat ditemukan. Aplikasi Perpesanan juga harus ada di radar Anda sebagai cara kunci bagi pembaca untuk berbagi konten melalui ‘sosial gelap’. Sosial gelap berarti melalui saluran pribadi yang langsung menjangkau ke pelanggan.

Aplikasi Perpesanan Terpopuler Untuk Pemasar

WhatsApp

Aplikasi perpesanan mobile terbesar ini memiliki 1,2 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia yang mengirim lebih dari 50 miliar pesan setiap hari. Kurang dari seperempat pengguna tersebut berada di Amerika Serikat. Aplikasi ini memiliki tingkat presentasi yang jauh lebih tinggi di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan. Komunikasi dalam WhatsApp didasarkan pada nomor telepon, bukan koneksi teman, karena aplikasi ini awalnya dirancang sebagai pengganti langsung untuk SMS. Fitur yang lebih baru seperti pesan video dan berbagi dokumen. Ini membuat layanan Anda lebih kuat dan semua pesan yang dikirim melalui aplikasi akan dienkripsi untuk keamanan.

Facebook Messenger

Pesan langsung awalnya dimasukkan ke dalam antarmuka Facebook utama, namun kini telah menjadi aplikasi tersendiri yaitu Facebook Messenger. Ini menawarkan fungsionalitas dasar yang sama seperti WhatsApp, namun dirancang untuk komunikasi antara orang-orang yang terhubung sebagai teman Facebook. Facebook sendiri menggambarkan Messenger sebagai “ruang tamu sosial baru bagi dunia, dimana orang-orang dapat berkumpul, berbagi, mengobrol, bermain game, atau membeli barang”. Platform Facebook Messenger menjadikannya aplikasi utama untuk bot bisnis, dengan 100.000 bot aktif bulanan yang ada saat ini.

Line

Line memiliki 218 juta pengguna, terutama di Jepang, Thailand, Taiwan, dan Indonesia. Ini adalah salah satu jaringan terpopuler. Platform ini menawarkan video dan pesan teks serta berbagi foto. Antarmuka perpesanan membuat penggunaan stiker berbasis karakter yang sangat rinci. Perusahaan dapat membuat Line Official Accounts untuk penggunaan pesan, berbagi kupon, dan menyiapkan pesan bots.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *