Ssstt… Ini Dia Ide Simpel Untuk Halaman About Us

About us, words hang by wooden peg

Jika kamu seperti kebanyakan penulis lainnya, kamu sering merasa menulis tentang dirimu sendiri adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Tak peduli selama apapun kamu memandangi layar komputer, hanya memikirkan konten tulisan tentang diri sendiri yang akan dituliskan saja sudah membuat pusing tujuh keliling. Hal itulah mungkin yang membuat halaman About Us tak kunjung terselesaikan.

Hari ini kami akan membagikan 6 ide konten simple untuk membantumu menuliskan halaman About Us. Jika kamu merasa kekurangan konten, kami akan memberikan contoh elemen apa saja yang harus dicantumkan. Jika ternyata konten yang sudah dibentuk terlalu banyak, akan ada pertanyaan yang akan membantu menyederhanakannya.

Sebelum mulai merancang kontennya, kamu perlu untuk mengidentifikasi audiens. Jika kamu memiliki bisnis toko online, halaman About Us harus langsung ditujukan kepada konsumen yang ingin tahu lebih banyak tentang brandmu. Selalu ingat pada mereka setiap kali akan menuliskan About Us.

  1. Sejarah Perusahaan

Poin paling mudah untuk memulai adalah dengan menceritakan bagaimana toko/brand pertama kali muncul dan didirikan. Ini akan sangat bermanfaat baik untuk brand yang sudah berdiri lama, maupun untuk brand yang kemunculannya baru. Mulailah dari yang paling awal seperti menampilkan founders dan alasannya memulai bisnis tersebut. Jika sejarahnya terlalu panjang, bagi ke dalam beberapa milestone, dan masukkan ke dalam timeline. Terlalu banyak key event? Pilih milestone yang kira-kira menarik bagi audiens. Misalnya, hari di mana kamu mulai bekerja di perusahaan itu mungkin menarik buatmu, tapi tidak untuk audiensmu.

Jika kamu baru saja memulai bisnis online, jangan mulai dengan sejarah perusahaan. Tak ada hal yang bisa lebih cepat menghancurkan sebuah brand kecuali ditemukannya sebuah kebohongan. Daripada fokus ke sejarah perusahaan, kamu bisa mencoba untuk menghighlight kehidupan profesional atau pribadimu sebagai founder. Asalkan memang ada kaitannya dengan cerita di balik brandmu, jika tidak, kamu bisa melewatkan saja poin ini.

  1. Ceritakan tentang Passionmu

Tanyakan pada dirimu sendiri, “Apa yang membuatku menyukai pekerjaanku?” dan “Kenapa?”

Ini adalah bagian di mana kamu bisa membagikan tentang perasaanmu kepada konsumen. Jika kamu masih ragu alasan kamu menjual produk ini, kamu harus tetap menggali dan memikirkannya. Tak peduli apapun yang kamu sukai atau kenapa kamu menyukainya, seseorang akan tetap bisa menerimanya, selama hal itu otentik. Dengan kata lain, jika kamu tidak yakin dengan jawabanmu, jangan pernah tuliskan hal itu!

Berbagi tentang kenapa kamu mencintai apa yang kamu lakukan saat ini membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih personal bagi user. Mereka tidak lagi berbelanja di website lain. Mereka pasti akan lebih tertarik pada seseorang yang memiliki passion yang sama atau serupa.

  1. Visi atau Misi Perusahaan

Jika produk atau servismu bersifat “revolusioner”, penting untuk mencantumkan visi-misi perusahaan. Gunakan kesempatan ini untuk membahas masalah yang akan dipecahkan melalui produk/servismu secara mendetail. Kemudian kamu bisa menuliskan tentang ekspektasi masa depan perusahaan. Berbagi tentang visi perusahaan dapat mendorong si calon konsumen untuk lebih tahu tentang ide di balik produk. Ini bisa menjadi satu-satunya kesempatan untuk mengkonversi mereka.

Jika kamu menjual produk reguler yang tidak baru, mencantumkan daftar visi atau misi perusahaan bisa mendefinisikan tujuan keseluruhan dari brandmu. Namun sekali lagi, pastikan misi perusahaanmu itu ada hubungannya dengan pembaca.

  1. Daftar Partner Perusahaan

Bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar dan bergengsi? Kamu bisa mencantumkan mereka sekaligus membantu mereka meningkatkan kredibilitasnya, tapi pastikan kamu sudah mendapatkan ijin untuk menggunakan logo mereka.  Berikut ini contoh kriteria perusahaan yang bisa dicantumkan:

  • Investors– Baik perusahaan atau perseorangan yang memmberikan bantuan uang/modal pada perusahaanmu
  • Suppliers– Perusahaan tempat kamu menyetok barang/produk (jika ada)
  • Manufacturers– Perusahaan atau brand tempat kamu membuat/memproduksi produkmu
  • Retailers– Perusahaan yang menjula produkmu di toko fisik
  • “As seen in” publications– Seperti kliping, berisi kumpulan publikasi tentang perusahaanmu di media
  • Non-profit organizations– Kamu bisa juga mencantumkan organisasi yang sering kamu beri bantuan atau donasi

Selalu ingat bahwa fokus dari halaman ini adalah untuk memberikan informasi tentang perusahaan. Buatlah daftar perusahaan yang bisa menambah kemampuanmu memberikan value berharga bagi perusahaanmu.

  1. Testimonials

Jangan anggap remeh sebuah testimoni. Testimoni dari konsumen (terutama yang positif) bisa sangat memengaruhi calon konsumen baru. Ketika seseorang memberikan pujian, terimalah dengan senang hati. Kemudian minta ijin untuk mempublikasikan testimoni mereka dalam web.

Belum memiliki testimonial? Jangan ragu untuk minta beberapa dari konsumenmu. Waktu terbaik untuk meminta testimony adalah ketika kamu sedang berbicara langsung pada konsumen yang senang, puas dengan produk/servismu. Selalu ingat bahwa testimony tidak harus selalu berbentuk quote tradisional tentang brandmu.

Kamu bisa meminta konsumen untuk like halaman sosial mediamu untuk membangun brand imej. Pujian dari pihak luar pada brandmu bisa bermanfaat untuk membangun kredibilitas.

  1. Gambar/foto

Gunakan gambar untuk menunjukkan semua hal tentang perusahaan. Apakah itu berupa foto para staff yang sedang bekerja, ruang kerja atau maskot perusahaan, gambar bisa membuat visitor melihat perusahaanmu dengan lebih nyata. Pastikan untuk selalu mencantumkan caption pada setiap gambar agar pesan yang disampaikan melalui gambar tersebut bisa diterima dengan baik oleh audiens.

Jika kamu memilih menggunakan gambar sebagai fokus utama halaman “About Us”, jangan sampai gambar mengganggu narasi/teks yang sudah dimuat. Tempatkan mereka dengan strategis agar tidak hanya fokus pada apa yang penting, tapi juga bisa terhubung dengan konsumen.

Halaman About Us membantu perusahaan untuk bisa terhubung dengan konsumennya. Gunakan satu atau mix beberapa ide di atas untuk memulainya. Kuncinya adalah be honest, jangan pernah publikasikan sesuatu hal yang tidak benar karena sekali kepercayaan konsumen hancur, akan sulit untuk brand tersebut bangkit kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *