Toko Online: Apakah Perbedaan Atribut Produk dan Fitur Produk?

writing-on-laptop-1024x682

Jika kamu merasa sulit membedakan antara atribut produk dan fitur produk, jangan panik: kamu tidak sendiri!

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang perbedaan antara produk atribut dan fitur produk, serta contoh brand toko online untuk lebih memudahkanmu memahaminya. Cekidot!
Atribut Produk dan Fitur Produk

Hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang atribut dan fitur adalah keduanya membantu untuk mendeskripsikan produkmu secara detail kepada konsumen. Namun, tidak seperti deskripsi produk, atribut dan fitur bukan memberikan gambaran tentang produk tapi menegaskan list yang lebih singkat dari fitur utama yang mungkin menarik bagi konsumen.

Fitur Produk vs Atribut Produk

Menyalin fitur produk dan atribut produk dari website lain bukanlah ide yang bagus, selain beresiko membuat konten duplikat, tapi juga karena penawaran produkmu, fitur produk si kompetitor bisa jadi adalah atribut produkmu

Cara terbaik untuk membedakan apakah deskripsi sebuah produk adalah atribut atau fitur, tanyakan pada dirimu sendiri

“Apakah produk bisa dijual secara terpisah?

Jika kamu bisa menjualnya sebagai produk terpisah, maka itu adalah atribut produk.

Jika kamu tidak bisa menjualnya terpisah, maka itu adalah fitur produk.

Coba kamu lihat cincin yang dijual Macintyres di bawah ini: jika dibuat dengan material lain, seperti emas dan perak, masing-masing bisa ditambahkan sebagai atribut produk, memberikan kesempatan pada konsumen untuk mengcustom setelan cincin mereka. Jika hanya tersedia dalam satu logam, kamu bisa menyebutnya sebagai fitur.

Contoh dari Atribut Produk dan Fitur Produk

Langkah pertama untuk membuat produk yang bagus adalah dengan melihat dan mencari contoh-contohnya terlebih dahulu. Berikut ini ada 3 toko online berbeda yang sudah sukses mengatur atribut produk dan fitur produk:

Macintyres

macintyres

Tidak seperti contoh sebelumnya, Macintyres membuat daftar fitur produk terlebih dahulu. Untuk cincin ini, kamu bisa melihat kategori berdasarkan berat jenis, potongan, setting dan penggunaan logamnya. Di bagian bawah halaman produk, konsumen bisa memilih atribut, atau ukuran yang mereka sukai.

Bimba Y Lola

bimbaylola-1024x747

Ini adalah halaman produk untuk “Casual Trousers with Trim.” Di bawah nama dan harga produk kamu akan menemukan atribut produk, warna dan ukuran. Jika kamu menuju ke area bawah dalam kolom yang sama, kamu akan menemukan fitur produk: relaxed fit, sporty trousers, cotton side trim detail dan kantong dengan  plastic maxi-zips.

Guitar from Spain

guitarfromspain

Alhambra 10FC Flamenco Guitar dari Guitar from Spain ini memiliki beberapa atribut produk yang bisa dipilih : jenis gitar-gitar elektrik, hingga jenis gitar yang digunakan oleh orang kidal/normal. Jika kamu menuju ke bagian bawah halaman website, kamu akan melihat fitur produk seperti jenis material yang digunakan untuk bagian atas, sampi, dan belakang, fingerboard dan kepala mesin.

Membangun bisnis toko online memang tak semudah itu. Setelah membaca artikel ini, kamu diharapkan bisa lebih memahami tentang fitur produk dan atribut produk. Masih belum punya toko online sendiri? Cuma Jejualan yang paling murah dan mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *