Toko Online: Ini Manfaat Ulasan Pelanggan Untuk Penjualan Produkmu

ulasan pelanggan

Ada salah satu kentungan ketika berbelanja di Amazon yaitu review/ulasan pelanggan. Ulasan pelanggan memainkan peran sangat besar dalam membantu konsumen memilih produk dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Itulah sebabnya Amazon selalu mendorong pelanggan untuk memberikan umpan balik (feedback), hingga ke kemasan yang digunakan untuk pengiriman produk.

Sementara itu, kumpulan ulasan positif juga belum tentu menjamin pembelian. Karena ulasan pelanggan hanya merupakan indikator yang baik dalam membeli sebuah produk.

Setiap toko online harus memiliki ulasan pelanggan, karena ulasan pelanggan dapat menjawab pertanyaan yang tidak ada pada deskripsi produk, video promosi, dan daftar fitur. Semakin mendalam ulasan, akan semakin baik.

Ulasan tidak hanya membantu menanamkan kepercayaan, tetapi juga dapat menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang sebuah produk.

Lebih dari sekedar ratings

Pembeli online semakin cerdas dalam membuat keputusan untuk membeli produk. Pembeli yang sudah berpengalaman tidak hanya melihat rating suatu produk dari jumlah bintang yang dimiliki, tetapi juga ulasan yang lebih rinci.

Contoh, Hohner Blues Band harmonica di Amazon memiliki ratings yang cukup tinggi yaitu 4.5. Bagimanapun, dalam ulasan tersebut menjelaskan bahwa alat musik harmonica merupakan instrumen low-end dan cocok untuk pemula.

2

Dapatkan ulasan produk

Cara tebaik untuk mendapatkan pelanggan adalah dengan mendorong mereka untuk memberikan review pada barang yang mereka beli. Follow-up email dan ingatkan mereka ketika mengunjungi kembali situs adalah cara yang baik untuk menarik perhatian mereka. Kita juga bisa menawarkan poin atau bonus pada pelanggan yang mau memberikan ulasan secara jujur.

Ketika meminta pelanggan untuk mereview produk, buatlah semudah mungkin. Buat form sederhana untuk mengumpulkan data yang diperlukan.

  • Judul
  • Isi konten (jangan membatasi jumlah karakter)
  • Nama depan ditambah inisial terakhir, atau nama pengguna
  • Jumlah bintang (atau simbol terkait).

Idealnya, pelanggan harus dapat meng-upload foto atau video, namun tidak semua sistem mendukung untuk melampirkan media.

Menanamkan kepercayaan dalam proses review

Melihat ulasan yang diposting dengan jujur adalah hal yang penting bagi pembeli. Tidak selamanya ulasan negatif itu buruk, selama hal tersebut ditulis dengan sopan dan tidak ada konten yang menyinggung. Sebuah review negatif juga dapat membantu penjualan produk, beberapa mungkin menunjukkan fitur yang kurang, namun hal ini tidak penting untuk semua pelanggan.

Masalah lain mungkin dapat dilihat sebagai kesalahan pengguna dan bukan produk gagal. Hal ini tampaknya tidak mungkin jika suatu produk yang begitu disukai selalu menerima lima bintang dari setiap review. Pembeli mengetahui hal ini.

Hal ini juga membantu untuk menanggapi ulasan yang meninggalkan pertanyaan yang belum terjawab. Kadang-kadang permintaan maaf adalah suatu keharusan. Dengan kata lain, ambillah kesempatan untuk menunjukkan kepada pengunjung bahwa Anda sebenarnya peduli dan menjalankan bisnis dengan penuh integritas.

2

Tidak peduli seberapa kecil toko kita, ulasan produk yang nyata adalah konten pengguna yang berharga yang dapat membantu mengkonversi lebih banyak pengunjung menjadi pembeli. Ulasan produk juga dapat membantu menanamkan kepercayaan dalam bisnis dan menghasilkan lebih banyak pelanggan yang loyal/setia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *