Untung dan Rugi Tidak Mengelola VPS Hosting

b-what-career-to-choose-media-mba-or-writing-so-confused-help-23-110215-115220

Menggunakan VPS hosting yang dikelola vs yang tidak dikelola bisa menjadi pilihan yang dilematik bagi user yang tidak tech-savvy. Meskipun keduanya sama-sama produk fisik, perbedaan ketika memiliki orang yang fokus mengelola VPS hosting milikmu dengan mengerjakan semuanya sendiri menjadi sangat dramatis. Mengelola VPS hosting sendiri juga sebaiknya disertai dengan bekal pengetahuan yang cukup. Untuk itu berikut ini ada beberapa untung-rugi yang bisa menjadi pertimbangan untukmu.

Keuntungan Unmanaged VPS hosting

Orang yang memilih VPS hosting jenis ini biasanya adalah mereka yang memiliki pengetahuan tentang jaringan dan sangat mampu untuk menanganinya sendiri. Termasuk untuk urusan instalasi OS (operating system). Beberapa perusahaan akan memberikan template cara mudah instalasi OS, namun klien harus membayar lebih untuk itu. Tentunya banyak yang akan memilih unmanaged VPS hosting karena perbedaan biayanya yang cukup besar. Paket VPS hosting yang sudah dikelola bisa membebankan harga lima kali lebih besar. Perbedaan jelas bisa kita lihat dari jumlah interaksi dan bantuan yang didapat versus uang yang harus dikeluarkan. Ini merupakan rasio yang akurat terkait customer service.

Namun banyak perusahaan berbudget rendah yang menggunakan layanan hosting ini dan kemudian mencari sendiri orang yang ahli untuk mengelolanya dengan harga yang terjangkau. Ada biaya yang bisa ditawar untuk teknisi yang mengerjakannya. Karena biaya unmanaged VPS hosting yang sangat murah, ini akan sangat menguntungkan untuk bisnismu.

Kerugian unmanaged VPS hosting

Ada harga ada rupa, mungkin perkataan itu yang harus selalu diingat ketika akan memutuskan hosting untuk website bisnismu. Ketika kamu menggunakan jasa teknisi sembarangan asalkan bisa lebih hemat, tidak ada jaminan bahwa orang tersebut memang ahli dan memiliki sertifikasi IT yang professional. Lain halnya dengan managed VPS hosting yang memberikan servis terbaiknya hingga ke teknisi ahli yang mengerjakan.

Jika hal ini terjadi, bukannya hemat, salah-salah kamu malah akan rugi besar dan megorbankan bisnismu yang harus gulung tikar. Karena hal ini banyak klien yang akhirnya mengesampingkan semua keuntungan dari unmanaged VPS hosting, meskipun terlihat sangat menggiurkan. Mendapat jaminan pekerja professional dari perusahaan menjadi titik beratnya. Biaya yang dikeluarkan memang lebih mahal, tapi kamu juga akan mendapat lebih.

Pertimbangkan keputusan dengan matang

Unmanaged VPS hosting bisa digunakan untuk semua jenis OS, tergantung pada kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan penggunanya. Harga paket Linux adalah yang paling murah karena OSnya open-source dan murah, sedangkan OS untuk Mac kebalikannya. Perusahaan dan individu yang sedang bingung menetapkan VPS hosting sangat perlu untuk mempertimbangkan betapa lama dan sulitnya resiko menggunakan VPS hosting yang tidak dikelola, meskipun lebih murah dan lebih flekisibel, tapi produknya belum tentu terjamin. Seperti pada poin sebelumnya, selalu ingat bahwa biaya dan kualitas yang didapat akan selalu berbanding lurus. Semakin rendah biaya yang dikeluarkan, hasil dan kualitas yang didapat juga akan semakin rendah. Pilih perusahaan penyedia layanan hosting dan domain murah terpercaya hanya idwebhost.com ! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *