5 Cara menghilangkan pilek secara efektif

45 0
Flu dan Pilek Dua Penyakit Berbeda

JAKARTA, Jawab.Co.Id – Pilek merupakan suatu penyakit yang biasa dialami oleh banyak orang. Tak hanya membuat hidung tersumbat, muncul gejala-gejala lain yang membuat tubuh terasa tak nyaman. Untuk mengatasi hal itu, cara menghilangkan pilek berikut patut untuk dicoba.

Air Garam

Biasanya, pilek membuat tenggorokan menjadi gatal. Hal itu bisa diatasi dengan air garam. Mayo Clinic menyarankan Anda untuk mencampur ¼ hingga ½ sdt garam ke 8 ons air hangat.

Larutan itu bisa meredakan rasa gatal di tenggorokan. Namun, jangan lakukan cara ini pada anak yang berusia di bawah enam tahun untuk menghindari resiko tertelan.

Baca jugaPendapatan Waskita Karya Tergerus Jadi Rp8,04 Triliun Gegara Covid-19

Hindari Dehidrasi

Pilek bisa jadi lebih parah saat tubuh dehidrasi. Maka dari itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Air, jus buah, dan campuran air lemon hangat plus madu bisa Anda jadikan pilihan. Hindari pula jenis minuman yang justru membuat dehidrasi, seperti alkohol, kopi, dan soda.

Air Hangat

Agar Puasa Lancar, Hindari 6 Minuman Ini Saat Sahur | Page 2 - Ramadan  JPNN.com

Minuman hangat bisa jadi cara menghilangkan pilek.

Mayo Clinic menyebutkan, minum air hangat bisa jadi cara menghilangkan pilek. Lendir akan semakin encer sehingga tak menyumbat saluran pernapasan Anda. Selain minum air hangat, Anda juga bisa menggantinya dengan kuah sup, jus apel, atau teh hangat.

Baca juga : BUMN Konstruksi Ini Garap 3 Proyek Infrastruktur Pengairan Baru

Obat Pilek

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga bisa mengonsumsi obat pilek, seperti antihistamin. Namun, jangan berikan obat pilek pada anak yang berusia di bawah lima tahun. Gunakan obat pilek setelah berkonsultasi pada dokter, ya. Menggunakan obat pilek yang tak sesuai aturan justru bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Jangan Pakai Antibiotik

Selain menggunakan obat dan bahan-bahan di atas, Mayo Clinic juga mengingatkan agar Anda tak mengonsumsi antibiotik untuk menghilangkan pilek. Antibiotik merupakan obat yang dipakkai untuk membunuh bakteri, jadi tidak bisa melawan infeksi virus flu.

Baca juga : Kerja Lebih Efisien, Waskita Gunakan Aplikasi WIDE

Memaksakan diri menggunakan antibiotik untuk meredakan pilek justru bisa memberikan efek samping. Tubuh menjadi resistan terhadap antibiotik sehingga menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Setelah mengonsumsi obat pilek yang Anda butuhkan, cara terakhir untuk menghilangkan pilek adalah dengan beristirahat. Saat istirahat, tubuh akan bekerja melawan penyakit yang menyebabkan pilek sehingga tubuh kembali sehat dengan lebih cepat.

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *