Jawab.co.id – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Mobil Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet mempersilakan KPK menyelidiki penyelenggaraan Formula E.

“Ini dalam posisi yang mempersilakan, mana kala ada dugaan sebagaimana yang dituduhkan, silakan hukum berjalan. Tapi acara ini karena sudah masuk kalender event internasional, ini tetap terus berjalan,” kata Bamsoet di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 24 November 2021.

Sahroni menerangkan, KPK harus ikut andil dalam proses pelaksanaan Formula E untuk menghindari upaya manuver politik dari pihak-pihak tertentu. Apa lagi ajang balap ini digelar tidak hanya untuk olahraga saja, tapi upaya branding bagi negara Indonesia pada dunia. 

“Hal ini diperlukan, untuk mengawasi langsung dan menghindari potensi penyalahgunaan uang negara dan menghindari politicking,” ujar Sahroni. 

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo alias Bamsoet memastikan ajang balap Formula E di Jakarta akan tetap digelar pda Juni 2022. Meski saat ini KPK sedang melakukan penyelidikan, perhelatan Formula E tetap bisa digelar sesuai jadwal yang ditetapkan. 

“Silakan hukum berjalan, tapi acara ini karena sudah masuk ke kalender event internasional, ini tetap harus berjalan,” kata Bamsoet. 

Bamsoet yakin tidak ada masalah dengan Formula E. Sebab sejak awal balapan ini telah dirancang sesuai aturan yang berlaku. “Saya yakin dan percaya ini akan indah pada waktunya dan akan clear pada waktunya,” kata Bamsoet. 

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder Formula E Alberto Longo meyakini ajang balap mobil listrik di Jakarta ini dilaksanakan secara transparan. Longo mengatakan pihak panitia telah melakukan penjajakan dengan sejumlah warga Jakarta. 

Longo menyatakan pihak panitia akan berkolaborasi dengan semua pihak yang berwenang untuk menghindari adanya kesalahpahaman atas Formula E. “Kami tidak tahu hasil dari studi yang dilakukan, tetapi saya bisa yakinkan bahwa tidak ada sesuatu yang berjalan dengan salah,” kata Longo.

Pada balapan musim ke-8 ini, Formula E akan hadir di kota-kota iconic dunia, di antaranya Diriyah Saudi Arabia, Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London dan Seoul. Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan sepanjang tahun 2022. 

Source: tempo.co

Avatar

By admin

Your reaction

NICE
SAD
FUNNY
OMG
WTF
WOW

React with gif

Share this post on social media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *